Diabetes Tipe 2 Bisa Anda Kenali lewat Mulut, Ini Beberapa Gejalanya

Sabtu, 18 September 2021 - 10:49 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2 Bisa Anda Kenali lewat Mulut, Ini Beberapa Gejalanya
Diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat dunia. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat dunia. Masalah kesehatan ini mengakibatkan komplikasi yang tak terhitung jumlahnya, termasuk juga banyak gejala yang menandainya. Bahkan, Anda bisa mengenali diabetes tipe 2 lewat mulut.

Ya, selama ini mungkin Anda mengenali diabetes dengan sering buang air kecil di malam hari, rasa haus berlebih, penglihatan kabur, atau penurunan berat badan yang tidak diketahui asalnya.

Nah, lewat mulut ternyata diabetes kini bisa diprediksi. Menurut laman Times Now News, berikut beberapa gejala diabetes tipe 2 yang bisa dikenali lewat mulut:

Baca juga: Sudah Vaksin Satu Kali dan Tiba-tiba Terpapar Covid-19? Ini yang Perlu Kamu Lakukan

1. Mulut kering

Produksi air liur di mulut dipengaruhi kadar gula darah. Jika kadarnya tidak terkendali, produksi air liur bisa turun dan ini dapat dikenali dengan mulut kering yang parah. Seiring waktu, jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan luka pada area gusi atau gigi berlubang.

2. Penyembuhan luka dan infeksi yang lambat

Salah satu banyak efek samping diabetes pada kesehatan adalah sistem kekebalan yang berjalan lambat. Kadar gula yang tinggi berdampak pada proses penyembuhan dan memperlambat pemulihan luka. Hal ini juga berlaku untuk kesehatan mulut.

Jika ada luka pada gusi atau sariawan, biasanya orang dengan diabetes akan lama penyembuhannya.

3. Sariawan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)