Bunda, Kenali 6 Tanda dan Gejala Diabetes pada Bayi Ini!

Kamis, 28 November 2019 - 11:11 WIB
Bunda, Kenali 6 Tanda dan Gejala Diabetes pada Bayi Ini!
Bunda, Kenali 6 Tanda dan Gejala Diabetes pada Bayi Ini!
A A A
JAKARTA - Diabetes biasanya terjadi pada orang yang sudah dewasa. Namun, penyakit ini juga bisa diderita oleh bayi. Peluang bayi terkena diabetes bisa meningkat jika salah satu orang tuanya memiliki riwayat diabetes. Oleh karenanya, penting mengenali tanda diabetes pada bayi agar bisa segera terdeteksi dan ditangani dengan tepat.

Jenis diabetes yang umumnya diderita para bayi adalah diabetes tipe 1. Diabetes tipe ini terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup atau bahkan tidak memproduksi hormon insulin sama sekali. Gejalanya pun biasanya berkembang dengan cepat, yaitu dalam jangka waktu beberapa minggu. Menurut Alodokter, ada sejumlah tanda diabetes pada bayi yang bisa diamati.

1. Berat badan kurang

Bayi penderita diabetes cenderung memiliki berat badan yang kurang. Berat badannya juga sulit untuk naik meski sudah mendapatkan ASI yang cukup atau makan yang banyak. Ini adalah tanda diabetes pada bayi yang paling pertama dapat dikenali.

2. Kelelahan
Diabetes dapat menyebabkan berkurangnya pasokan gula ke sel-sel tubuh. Efeknya, bayi yang diabetes akan tampak lemas seperti kekurangan tenaga.

3. Sering muntah
Tanda diabetes pada bayi berikutnya adalah sering muntah tanpa sebab yang jelas, bahkan selama 3—4 hari berturut-turut. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah di dalam tubuhnya.

4. Sering buang air kecil dan haus

Sering buang air kecil dan sering haus bisa menjadi tanda diabetes pada bayi. Hal ini juga disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah di dalam tubuhnya. Saat kadar gula darah dalam tubuh meningkat, akan lebih banyak gula yang dibuang melalui ginjal. Gula tersebut akan turut ‘mengajak’ air untuk dikeluarkan ginjal melalui urine. Karena banyaknya cairan yang terbuang, bayi tentunya akan lebih sering merasa haus.

5. Rewel
Tanda diabetes pada bayi berikutnya adalah bayi mudah rewel. Hal ini dikaitkan dengan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuhnya, berikut segala keluhan yang dia rasakan, seperti haus atau mual.

6. Sering mengalami ruam popok
Meski ruam popok tidak selalu menandakan bahwa bayi menderita diabetes, Anda patut waspada jika si kecil sering mengalaminya. Hal ini karena bayi yang menderita diabetes lebih mudah mengalami ruam popok akibat infeksi jamur.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)