Diabetesi Dianjurkan Menjalankan Empat Pilar Manajemen Diabetes

Sabtu, 21 Desember 2019 - 10:20 WIB
Diabetesi Dianjurkan Menjalankan Empat Pilar Manajemen Diabetes
Diabetesi Dianjurkan Menjalankan Empat Pilar Manajemen Diabetes
A A A
JAKARTA - Menyandang diabetes bukan berarti tidak bisa menjalankan hidup yang lebih baik dan berkualitas. Dengan menjalankan 4 pilar manajemen diabetes, yang dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat (terapi nutrisi dan aktivitas fisik) bersamaan dengan minum obat sesuai anjuran dokter dan edukasi, penyandang diabetes dapat mengontrol gula darahnya dengan baik dan terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes.

Penyandang diabetes atau yang biasa disebut dengan diabetesi sering menganggap bahwa pemberian obat dan insulin sesuai anjuran dokter merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam manajemen diabetes. Padahal, menurut Konsensus Perkeni, manajemen diabetes dianjurkan dimulai dari memodifikasi gaya hidup yaitu dengan pengaturan pola makan dan aktivitas fisik.

"Perubahan gaya hidup, seperti mengatur pola makan, aktivitas fisik, dan mengontrol berat badan akan membantu kinerja obat yang dikonsumsi sehingga lebih maksimal untuk mengelola kadar gula darah," papar Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), Dokter Spesialis Gizi Klinik di RSCM, MRCCC dan Jakarta Heart Centre di Jakarta, baru-baru ini.

Sangat percuma jika penyandang diabetes hanya mengandalkan obat-obatan, tanpa memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.Tentunya tidak sembarang dalam menjalankan pola makan untuk diabetes. Anda perlu memilih pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin dan mineral.Salah satu yang sangat penting bagi penyandang diabetes adalah memenuhi kebutuhan nutrisi dengan kalori yang terukur.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4450 seconds (0.1#10.140)