Yuk, Buat Cemilan Balado Keripik Singkong

Senin, 23 Desember 2019 - 15:11 WIB
Yuk, Buat Cemilan Balado Keripik Singkong
Yuk, Buat Cemilan Balado Keripik Singkong
A A A
JAKARTA - Singkong bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Paling mudah direbus atau digoreng sebagai teman minum the atau kopi. Tapi, jika Anda ingin mencoba sensasi lain, bisa membuat Balado Keripik Singkong.

Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
300 g Keripik Singkong

Bahan 2:
3 buah Cabe Merah, belah & buang bijinya, lalu rajang serong halus
7 sdm Gula Pasir
1 sdt Cuka

Bahan 3: (haluskan)
8 buah Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
1 buah Tomat

Bahan 4:
6 sdm Minyak Goreng
250 ml Air
1 saset Desaku Bubuk Balado
½ sdt Garam
1 sdm Gula Pasir

Cara membuat:
Haluskan bahan 3.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Larutkan 1 saset Desaku Bubuk Balado dengan 250 ml air di dalam gelas, aduk hingga rata. Tuang larutan bumbu ke dalam tumisan, aduk hingga bumbu larut dan mengembang.

Masukkan garam, aduk hingga larut. Masukkan 1 sdm gula pasir (resep standartnya) dan 7 sdm gula pasir, aduk kembali hingga bumbu berkaramel.

Setelah bumbu mengental dan pekat, masukkan cabe lalu aduk hingga aroma langu cabe hilang. Matikan api kemudian tambahkan cuka kemudian aduk rata. Masukkan keripik singkong aduk dengan sendok hingga terbalut dengan bumbu. Sajikan selagi hangat atau disimpan di dalam toples setelah dingin.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6849 seconds (0.1#10.140)