Bangkitkan Kepercayaan Diri Penderita Kanker Payudara lewat Gelaran Fashion

Minggu, 29 Desember 2019 - 11:57 WIB
Bangkitkan Kepercayaan Diri Penderita Kanker Payudara lewat Gelaran Fashion
Bangkitkan Kepercayaan Diri Penderita Kanker Payudara lewat Gelaran Fashion
A A A
JAKARTA - Meski tengah berjuang melawan penyakit, bukan berarti para pasien ataupun penyintas kanker payudara tak bisa beraktivitas layaknya mereka yang sehat. Lewat ajang bertema fashion dan kecantikan, pejuang kanker ini tetap mampu tampil percaya diri dan yakin bahwa mereka mendapat dukungan dari banyak pihak untuk sembuh.

Salah satu bentuk dukungan itu ditunjukkan oleh MDIS School of Fashion. Bekerja sama dengan Shunji Matsuo, MDIS menggelar event bertajuk Shunji Matsuo Makeover Magic 2019 di Singapura, beberapa waktu lalu. Ajang ini tak hanya menampilkan karya-karya desain sejumlah mahassiswa MDIS, juga menyisipkan misi sosial untuk mendukung pemberantasan penyakit kanker payudara.

Tahun ini, Makeover Magic berkolaborasi dengan Breast Cancer Foundation Singapore (BCF), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi memberantas kanker payudara.

Kepala MDIS School of Fashion and Design Aven Kee menyebutkan, perhelatan Makeover Magic yang diadakannya kali ini terasa berbeda karena melibatkan BCF yang punya misi sangat mulia. “Kolaborasi ini sangat bermakna dan menciptakan peluang besar bagi semua siswa kami untuk menunjukkan bakat mereka. Eksekusi skala program ini lebih besar dibandingkan dengan proyek-proyek sebelumnya. Mahasiswa tidak hanya menyerahkan tugas, tapi juga mendapatkan kesadaran tentang kanker payudara. Melalui kolaborasi semacam itu, siswa dapat lebih memahami nilai pekerjaan serta kontribusi mereka kepada masyarakat," kata Aven Kee.

Untuk ajang ini, siswa MDIS membuat pakaian dengan tema yang berbeda yaitu kimono, fashionista atau gaun dengan bahan yang dapat didaur ulang, dan merekonstruksi kostum lama yang disumbangkan oleh Shunji Matsuo dari showcase Magic Makeover sebelumnya. Pakaian-pakaian tersebut dicat dengan tangan atau disemprot warna merah muda sebagai bentuk dukungan terhadap proyek Pink Ribbon yang identik dengan kampanye penanggulangan kanker.

Sebagian mahasiswa bahkan melukiskan harapan untuk para wanita lewat kreasi mereka, seperti menyisipkan kata "prajurit" dan "yang selamat", untuk menggambarkan semangat luar biasa dari para penyintas kanker payudara. “Sangat menyenangkan bekerja dengan para penyintas kanker payudara karena keberanian mereka amat menginspirasi. Kami ingin mendorong mereka agar percaya diri saat memeragakan kreasi kami," kata Charis Tan, mahasiswa tahun terakhir BA (Hons) program Fashion Design MDIS.

Tak hanya itu, para mahasiswa ini juga mengatur sesi pemotretan bersama para penyintas kanker payudara di kantor pusat Canon di Jepang. Pemotretan ini didukung oleh produsen kosmetik serta sponsor perhiasan dari Dr GL, The Make Up Room, dan Goldheart Jewellery.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6156 seconds (0.1#10.140)