Jangan Dipantang, 3 Makanan Berlemak Ini Justru Bisa Turunkan Berat Badan

Senin, 17 Februari 2020 - 21:30 WIB
Jangan Dipantang, 3 Makanan Berlemak Ini Justru Bisa Turunkan Berat Badan
Jangan Dipantang, 3 Makanan Berlemak Ini Justru Bisa Turunkan Berat Badan
A A A
JAKARTA - Lemak kerap dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan karena dianggap sebagai zat yang bisa membuat gemuk, bahkan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Padahal, tak semua jenis lemak berbahaya untuk tubuh.

Lemak sejatinya merupakan sumber nutrisi utama bagi tubuh seperti halnya protein dan vitamin. Maka itu, sangat penting bagi kita untuk rutin mengonsumsi lemak agar tetap sehat dan fit.

Berikut adalah tiga jenis pangan yang menjadi sumber lemak terbaik buat Anda yang ingin menurunkan bobot tubuh, seperti dikutip dari laman Time of India.

1. Kacang Kenari
Kacang kenari mengandung 65% lemak dan 15% protein. Kacang kenari sebanyak 100 gram mengandung 65 gram lemak. Meski demikian, jenis kacang-kacangan ini tetap baik dikonsumsi bila Anda ingin menurunkan berat badan.

Kacang kenari mengandung lemak tak jenuh serta kalori yang tinggi. Namun, bukti ilmiah menunjukkan bahwa sumber pangan ini tak akan membuat seseorang mengalami obesitas kala mengonsumsinya secara rutin. Malah kacang kenari kaya antioksidan dan merupakan sumber vitamin yang dapat membantu menjaga otak tetap sehat serta mencegah penyakit kardiovaskular.

Satu hal lagi, jenis kacang-kacangan ini juga mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga cocok untuk program diet Anda.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah makanan berlemak yang sangat menyehatkan untuk dikonsumsi ketika Anda ingin memangkas bobot tubuh. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal maupun jamak yang tinggi, yang dikenal bagus untuk kesehatan.

Minyak zaitun juga kaya vitamin E, vitamin K, dan zat antioksidan. Minyak ini merupakan sumber lemak sehat yang sangat baik, yang tak hanya bagus untuk Anda yang ingin berdiet, tapi juga mampu mengatasi inflamasi, tekanan darah rendah, dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan serta manfaat-manfaat itulah yang menjadi alasan minyak zaitun kerap digunakan dalam pola diet Mediterania yang disebut-sebut sebagai metode diet paling sehat di dunia.

3. Telur
Telur, utamanya kuning telur, mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi sehingga sering dianggap tidak menyehatkan. Dari total jumlah kalori yang terkandung di dalam satu butir telur, 62%-nya bersumber dari lemak. Maka itu, kalau mau diet, kita kerap dianjurkan untuk menghindari memakan kuning telur.

Padahal selain lemak, kuning telur juga mengandung zat-zat gizi lain seperti zat besi, vitamin B2, B12, dan D yang tidak dimiliki oleh putih telur. Jadi, kalau hanya memakan putih telur, Anda akan kehilangan sejumlah zat gizi yang amat penting bagi tubuh tersebut.

Maka, kalau ingin diet, Anda malah disarankan makan telur. Sumber pangan satu itu lumayan cepat bikin kenyang, tinggi protein, dan tentu saja baik untuk kesehatan.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6717 seconds (0.1#10.140)