Marvin KDI: Pecel Ponorogo Makanan Enak dan Sehat

Senin, 09 Maret 2020 - 12:09 WIB
Marvin KDI: Pecel Ponorogo Makanan Enak dan Sehat
Marvin KDI: Pecel Ponorogo Makanan Enak dan Sehat
A A A
JAKARTA - Ponorogo tidak hanya memiliki ragam budaya yang masih terjaga dengan baik dan keindahan alam yang memanjakan mata. Kabupaten di timur pulau Jawa ini juga menyimpan kuliner yang nikmat yang menggugah selera. Salah satunya pecel.

Pecel merupakan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Ponorogo itu makanan enaknya pecel. Disini jarang ada pecel. Enak, sehat," kata Marvin KDI saat berkunjung ke Gedung Sindo, Jakarta.

Selain dihidangkan dengan aneka jenis sayuran dan sambal kacang, Marvin menjelaskan, pencel juga biasanya disantap bersama dengan berbagai macam lauk. Mulai dari gorengan dan bacem yang menambah kenikmatan makan pecel.

"Lauknya ada gorengan, tempe. Ada banyak olahan bacem. Biasanya makan sama tempe sih," jelasnya. (Baca juga: Coba Ini! Ikan Pecah Kulit Bakar Khas Resto Peranakan ).

Berbeda dari pecel lainnya, pecel Ponorogo memiliki bumbu yang khas. Di mana sambel kacang yang digunakan dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo. Namun, nama pecel Madiun yang paling terkenal di Indonesia. "Bumbu madiun lebih pedas," ungkapnya.

Lebih lanjut Marvin merekomendasikan satu tempat makan pecel di Ponorogo yang telah menjadi langganannya ketika pulang ke kampung halamannya itu. Nasi Pecel Pincuk Pojok namanya. Meski makanan ini mudah ditemukan di mana saja, termasuk di jalanan, namun Marvin menyarankan untuk mengunjungi tempat makan itu.

"Ponorogo pecel murah banget. Disetiap jalan juga ada. Bisa ditemuin di mana aja. Ada tempat makan namanya Nasi Pecel Pincuk Pojok. Tempatnya di pojok gitu. Enak banget. Aku biasanya makan disitu," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7918 seconds (0.1#10.140)