Efektifkah Penggunaan Hand Sanitizer untuk Cegah Covid-19?

Kamis, 12 Maret 2020 - 23:30 WIB
Efektifkah Penggunaan Hand Sanitizer untuk Cegah Covid-19?
Efektifkah Penggunaan Hand Sanitizer untuk Cegah Covid-19?
A A A
JAKARTA - Wabah COVID-19 yang menginfeksi banyak negara membuat banyak orang khawatir sehingga menimbun masker hingga hand sanitizer untuk melindungi diri. Hal ini menyebabkan kelangkaan barang di banyak tempat sehingga harga barang-barang melonjak. Lantas efektifkah membasmi kuman menggunakan hand sanitizer?

Dilansir dari Time, pada dasarnya penularan virus ini bisa dicegah dengan cara mencuci tangan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pun mengungkapkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air efektif membunuh kuman setelah tangan menyentuh berbagai benda.

CDC pun merekomendasikan pertama-tama mencuci tangan dengan air hangat atau dingin dan kemudian menyabuni menggunakan sabun selama 20 detik. Sabuni tangan pada bagian punggung tangan, di antara jari-jari dan di bawah kuku jari sebelum dibilas.

Namun, jika Anda tidak berada di dekat wastafel, hand sanitizer bisa digunakan. Namun, perlu diingat bahwa produk pembersih tersebut tidak membunuh semua kuman. Baca label dan pastikan menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60%.

Setelah mengoleskannya, gosokkan ke seluruh tangan sampai kering. Cara lain mencegah penularan COVID-19 adalah dengan tidak menyentuh wajah, karena Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan virus dapat masuk ke tubuh Anda dari mata, mulut, atau hidung.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3952 seconds (0.1#10.140)