Persiapkan Kelancaran Gentle Birth dengan Yoga dan Meditasi

Senin, 16 Maret 2020 - 19:29 WIB
Persiapkan Kelancaran Gentle Birth dengan Yoga dan Meditasi
Persiapkan Kelancaran Gentle Birth dengan Yoga dan Meditasi
A A A
JAKARTA - Persepsi umum orang tentang proses persalinan adalah sakit dan berisiko. Padahal, lewat gentle birth, calon ibu bisa mengalami proses persalinan yang lancar, aman, nyaman, dan minim trauma.

Agar proses gentle birth berjalan lancar, calon ibu perlu berlatih prenatal gentle yoga yang dirancang khusus bagi ibu hamil. Latihan ini bermanfaat untuk mempersiapkan fisik, mental, dan spiritual, di antaranya mengurangi morning sickness saat trimester pertama kehamilan serta memperbaiki postur tubuh untuk menciptakan ruang yang maksimal bagi perkembangan janin di rahim. Di sisi lain, latihan ini juga menjaga kondisi tubuh tetap bugar hingga proses persalinan.

Untuk memenuhi kebutuhan calon ibu, Yesie Aprillia meluncurkan buku kesembilan yang berjudul Prenatal Gentle Yoga. Lewat buku terbaru ini, Yesie yang telah menekuni bidang hypnobirthing dan gentle birth di Indonesia sejak 2007 menuliskan latihan-latihan yang bermanfaat untuk mempersiapkan ibu hamil agar proses gentle birth berjalan lancar.

“Melahirkan dengan nyaman, lancar, bahkan nikmat adalah impian semua wanita di dunia. Namun, di zaman modern ini seorang wanita seolah kehilangan kepandaian dan kemampuan tubuhnya untuk mewujudkan itu semua. Persalinan yang seharusnya menjadi momen indah dan nikmat, yang berkesan justru menjadi awal dari trauma tak terlupakan, baik bagi bayi maupun ibu dan ayah,” tutur Yesie di dalam bukunya.

"Gentle birth menjadi perhatian saya saat ini. Sebuah proses persalinan lembut yang minim trauma, baik bagi ibu maupun bayi, juga bagi ayah, keluarga, dan bidan atau dokter yang merawat. Saya ingin semua ibu merasakan kenyamanan melahirkan seperti yang dulu saya rasakan,” tambahnya.

Prenatal gentle yoga merupakan salah satu bentuk olahraga yang dirancang khusus oleh Yesie bagi ibu hamil. Dengan mengikuti sebuah kelas prenatal gentle yoga, ibu hamil bakal mendapatkan latihan yang mencakup pernapasan, peregangan, dan pose penguatan serta relaksasi.

Menggabungkan yoga dengan meditasi, aktivitas ini sangat membantu pikiran ibu hamil menjadi lebih cepat rileks. Selain itu, ibu hamil akan berada dalam lingkungan yang mendukung serta saling menguatkan antara ibu hamil satu dengan yang lain.

Manfaat yang diperoleh pun cukup banyak, baik secara fisik maupun mental. Di antaranya, dapat membuat ibu hamil tetap bugar selama masa kehamilan, mengurangi dan menghilangkan keluhan yang dirasakan selama masa kehamilan, memperbaiki pola napas ibu hamil, melatih otot dasar panggul, hingga membuat ibu hamil merasa nyaman dan rileks sepanjang kehamilan serta saat melahirkan.

“Agar berhasil melakukan gentle birth, proses yang harus dilalui tidaklah instan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai fisik, mental, pikiran, juga spiritual. Pahami, renungkan, terapkan, serta praktikkan agar tercipta pengalaman persalinan yang positif bagi sang ibu dan bayinya,” tutur Yesie.

Buku Prenatal Gentle Yoga saat ini sudah bisa didapatkan di berbagai toko buku dan toko buku online. Dengan dilengkapi panduan gambar, buku ini mempermudah ibu hamil melakukan latihan sendiri di rumah. Untuk hasil terbaik, sangat dianjurkan mengajak keluarga atau suami bersama-sama membaca dan mempelajari buku ini, sebagai dukungan maksimal terhadap upaya sang calon ibu memperoleh gentle birth.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5728 seconds (0.1#10.140)