Taman Kebon Rojo, Tempat Edukasi Menyejukkan di Kota Blitar

Jum'at, 20 Maret 2020 - 03:33 WIB
Taman Kebon Rojo, Tempat Edukasi Menyejukkan di Kota Blitar
Taman Kebon Rojo, Tempat Edukasi Menyejukkan di Kota Blitar
A A A
JAKARTA - Jalan-jalan ke Kota Blitar menikmati suasana kotanya yang santai dan penuh nuansa sejarah di setiap sudutnya memang sangat menyengkan. Tapi kondisi Kota Blitar yang berhawa panas akan sangat menguras energi. Namun, Blitar memiliki taman yang bisa dijadikan tempat untuk berteduh dan mengistirahatkan diri.

Taman ini bernama Kebon Rojo Park atau Taman Kebon Rojo. Taman ini berlokasi di pusat Kota Blitar, di Jalan Diponegoro 12, Bendogirit, Kecamatan Sananwetan, Blitar. Taman Kebon Rojo buka setiap hari mulai pukul 6.00 sampai 17.00 WIB. Karena di dalamnya terdapat koleksi beberapa binatang yang tetap dijaga dan dilindungi, taman ini tidak buka 24 jam.

Dikutip dari Travelingyuk, meski ada jam operasionalnya, tapi taman kota ini gratis untuk dikunjungi dan hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp2.000. Taman Kebon Rojo mempunyai konsep sebagai taman edukasi atau pembelajaran untuk anak-anak usia sekolah. Hal ini terlihat dari daftar tentang apa saja yang ada di taman pada sebuah papan denah Taman Kebon Rojo.

Selain itu, wisatawan juga masih bisa menikmati suasana asri taman dengan banyak pepohonan rindang dan juga bunga-bunga yang ditanam rapi di seluruh penjuru taman. Salah satu hal menarik di dalam Taman Kebon Rojo adalah adanya burung merpati yang jumlahnya sangat banyak. Sebagai taman edukasi atau pembelajaran untuk anak-anak, Taman Kebon Rojo punya satu ciri khas unik yang mungkin tidak ditemukan di taman kota lainnya.

Keunikan itu adalah mempunyai lokasi kebun binatang mini yang ada di sudut belakang taman, lokasinya pun lumayan luas. Ada beberapa koleksi binatang di tempat ini. Salah satu yang terbanyak adalah koleksi burung. Mulai dari burung gagak, burung beo, burung kakatua, dan beberapa burung lain yang ditempatkan di kandang luas dan terawat. Bintang lainnya adalah rusa jawa yang ditempatkan dalam 2 kandang luas. Wisatawan bisa memberi binatang ini makanan.

Binatang lainnya juga terdapat di taman ini. Layaknya fungsi sebuah taman yang sesungguhnya, Taman Kebon Rojo menyediakan titik-titik tempat untuk bersantai. Banyak gazebo dan tempat duduk yang tersebar di seluruh area taman. Wisatawan juga bisa menyewa beberapa permainan, seperti sepatu roda, sepeda motor listrik, mini ATV hingga komedi putar mini.

Di Taman Kebon Rojo yang rindang ini juga banyak ditanam pepohonan langka yang memiliki banyak manfaat. Pohon-pohon ini ditanam dan tumbuh di sela-sela lokasi kebun binatang. Mayoritas tanaman berasal dari negara lain.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3638 seconds (0.1#10.140)