Tujuh Tips Makeup Aman di Tengah Wabah Virus Corona

Rabu, 25 Maret 2020 - 04:04 WIB
Tujuh Tips Makeup Aman di Tengah Wabah Virus Corona
Tujuh Tips Makeup Aman di Tengah Wabah Virus Corona
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengumumkan status Covid-19 sebagai pandemi. Sesuai anjuran WHO, salah satu cara terpenting dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah rutin mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik dan tidak menyentuh wajah, hidung dan mulut menggunakan tangan.

Selain itu, diperlukan juga kewaspada dan lebih memperhatikan kebersihan dalam beraktivitas sehari-hari, seperti halnya ketika menggunakan transportasi umum dan menyentuh fasilitas umum.

Salah satu aktivitas sehari-hari yang tak kalah penting untuk dijaga kebersihannya adalah saat makeup atau mengaplikasikan produk perawatan wajah. Apalagi, aktivitas ini paling erat kaitannya dengan sentuhan tangan ke wajah. Social Bella, perusahaan beauty-tech induk dari e-commerce kecantikan Sociolla membagikan tips agar tetap tampil cantik dan sehat.

"Kami mengerti bahwa kebutuhan untuk tampil cantik dan sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri. Di tengah situasi Covid-19 ini, membeli produk makeup secara online dapat menjadi alternatif, sehingga dapat mengurangi interaksi dengan keramaian. Namun harus bisa dipastikan dalam selalu membeli produk yang aman di tempat terpercaya," kata Co-Founder dan CMO Social Bella, Chrisanti Indiana.

Dan berikut tujuh tips dari Sociolla yang dapat diaplikasikan para penggemar kecantikan untuk tetap aman mengaplikasikan makeup.

1. Mulai dan Akhiri dengan Tangan yang Bersih

Biasakan cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir sebelum makeup dan mengaplikasikan produk perawatan wajah. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih, termasuk bagian bawah kuku dan sela-sela jari. Jangan lupa untuk juga mencuci tangan setelah mengaplikasikan makeup.

2. Hindari Makeup di Tempat Umum

Meskipun saat ini pertemuan secara langsung dibatasi, tapi ada beberapa acara yang tidak mungkin terhindarkan seperti rapat krusial ataupun bekerja di kantor. Nah, lebih baik makeup di rumah sebelum berangkat ke tempat-tempat tersebut untuk meminimalisir alat makeup terpapar virus dan bakteri, misalnya ketika di toilet umum atau transportasi umum.

3. Tidak Bertukar Alat Makeup dengan Orang Lain

Bukan hal yang tidak lazim bagi perempuan untuk saling meminjamkan produk atau alat makeup pada teman ataupun bahkan orang lain. Tapi patut selalu diingat, seperti barang-barang lain pada umumnya, alat makeup juga rentan dalam menyebarkan bakteri dan virus. Pastikan harus lebih berhati-hati atau gunakan saja alat makeup milik sendiri.

4. Bersihkan Alat Makeup Secara Berkala

Bukan hanya membersihkan wajah, penting juga membersihkan alat makeup secara berkala untuk menghindari paparan bakteri dan virus ke wajah. Rendamlah secara berkala terutama kuas, spons, atau beauty blender dengan air hangat. Selain itu, lap packaging makeup seperti lipstik, bedak, blush-on dengan cairan alkohol atau tisu anti bakteri. Setelah itu pastikan alat tersebut kering sebelum dipakai kembali untuk menghindari jamur.

5. Membeli Produk Makeup Secara Online

Mencoba dan merasakan langsung produk makeup menjadi salah satu poin penting dalam berbelanja makeup. Namun, jika ingin mendapatkan peace of mind, apalagi di tengah social distancing saat ini, membeli produk makeup secara online juga dapat menjadi alternatif, sehingga dapat mengurangi interaksi dengan keramaian. Pastikan juga selalu membeli produk yang aman di tempat terpercaya. Dengan demikian, para pengguna lebih mudah mendapatkan produk kecantikan dan perawatan diri serta alat makeup tanpa harus pergi ke tempat ramai.

6. Hindari Penggunaan Tester Produk Langsung ke Wajah

Terlepas dari adanya Covid-19 atau tidak, menggunakan tester dengan benar harus selalu dilakukan untuk mengurangi risiko tertular penyakit atau bakteri. Pastikan juga lebih berhati-hati dalam mengaplikasikan tester produk kecantikan ke wajah, seperti mencoba lipstik, cukup oleskan di tangan atau bagian lain kulit.

7. Makan dan Minum Bernutrisi

Terakhir, aspek penting lainnya untuk selalu tampil cantik dan sehat bukan hanya dari luar, tapi juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh dari dalam. Rajinlah minum air putih serta makan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan kulit. Karena kulit dan badan yang sehat akan menunjang makeup lebih berkilau.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6745 seconds (0.1#10.140)