Cara Diet Sehat Selama Karantina Mandiri

Kamis, 02 April 2020 - 14:29 WIB
Cara Diet Sehat Selama Karantina Mandiri
Cara Diet Sehat Selama Karantina Mandiri
A A A
JAKARTA - Apa yang Anda makan sehari-hari berpengaruh terhadap kesehatan. Maka itu, penting untuk menerapkan pola makan yang sehat, salah satunya dengan menerapkan diet menu bernutrisi.

Saat ini mungkin keadaan sedang tidak baik, di mana wabah coronavirus telah menyerang berbagai negara di dunia. Masyarakat dipaksa berdiam diri di rumah untuk mencegah penyebaran virus, dan dalam situasi tersebut tidak jarang orang malah beralih dari diet sehat menjadi makan dengan bahan makanan seadanya.

Ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik, membuat penggunaan energi menurun sehingga menambah berat badan sehingga menjadikan orang berisiko terkena penyakit kronis dan kekebalan tubuh yang rendah.

Namun, sebenarnya mempertahankan kebiasaan makan dengan menu sehat tidak sesulit kelihatannya selama periode karantina mandiri. Berikut adalah tips sehat yang dapat Anda terapkan saat berada di rumah seperti dilansir laman Healthline.

1. Hindari Makan Makanan Manis
Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula sangat tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan gigi berlubang.

2. Makan Makanan untuk Metabolisme
Para ahli yakin bahwa makan lebih sedikit setiap tiga atau empat jam dianggap sebagai cara yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh serta membantu membakar lebih banyak kalori dalam sehari.

3. Makan Perlahan
Makan secara perlahan dan tidak terburu-buru dapat membantu pencernaan yang lebih baik, penurunan berat badan, serta rasa kenyang yang lama.

4. Minum Lebih Banyak Air
Kecukupan air sangat penting bagi tubuh dan air putih adalah minuman paling sehat bagi kita semua karen membantu mengeluarkan racun dari tubuh sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5. Banyak Makan Buah dan Sayuran

WHO menganjurkan agar kita banyak makan buah dan sayur untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, serta berbagai jenis kanker.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0154 seconds (0.1#10.140)