Stres karena Corona Bisa Pengaruhi Pencernaan, Ini Cara Mengatasinya!

Jum'at, 03 April 2020 - 09:03 WIB
Stres karena Corona Bisa Pengaruhi Pencernaan, Ini Cara Mengatasinya!
Stres karena Corona Bisa Pengaruhi Pencernaan, Ini Cara Mengatasinya!
A A A
JAKARTA - Sistem pencernaan emosi (the emotive digestive system) adalah koneksi antara otak dan usus. Apakah Anda pernah merasakan sakit perut ketika Anda merasa cemas atau stres? Perasaan gangguan pencernaan dan mulas juga berasal dari hal yang sama. Saat ini, ketika stres karena pandemi virus corona atau COVID-19 meningkat, banyak orang juga menderita masalah lambung.

Stres dan kecemasan memicu kontraksi di saluran pencernaan yang menyebabkan masalah pencernaan terkait stres. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan gejala seperti mual, mulas, kembung atau perubahan pola dubur.

Mengapa perut terasa stres? Sistem saraf enterik adalah sistem yang ditempatkan di dalam saluran GI. Ada hubungan kuat antara otak dan bagian sistem saraf ini. Pada saat stres, sinyal mungkin memaksa saluran GI untuk berperilaku berbeda.

Stres juga membuat saraf menjadi sensitif, sehingga hal-hal yang tidak dirasakan sebagai stres dalam situasi normal, membuat dampak besar dalam situasi cemas. Sangat normal bagi semua orang untuk mengalami gejala ringan ketika mereka sedang stres.

Ketika Anda stres, Anda cenderung mencari kenyamanan dalam makanan. Makan stres juga merupakan alasan utama untuk masalah saluran pencernaan. Bagaimana mengatasinya? Seperti dilansir Times of India, ada 6 cara yang membantu Anda menenangkan perut saat stres.

1. Diet mediterania
Tetap sedekat mungkin dengan diet Mediterania di saat-saat seperti ini. Dasar dari diet ini adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Anda juga bisa menambahkan unggas, telur, atau susu langka ke dalam makanan Anda.

2. Buat jadwal
Anda harus membuat jadwal yang tepat untuk makanan Anda serta mengemil sehingga Anda akhirnya makan terlalu banyak dan memperburuk gejala lambung yang sudah ada.

3. Tidur
Tidur yang cukup sangat penting pada saat-saat seperti ini. Ini membantu tubuh Anda pulih dari gejala dan juga stres yang menyebabkannya.

4. Tetap aktif
Tidak peduli seberapa besar Anda tertarik untuk hanya duduk di sofa dan menonton TV hari ini, penting bahwa Anda tetap aktif. Olahraga ringan di rumah akan memberi trik itu. Tetap aktif membuat Anda merasa baik dan siap untuk menangani pandemi, mengurangi stres, dan dengan demikian mengurangi masalah pencernaan terkait stres.

5. Tetap sosial
Kuncinya adalah menjadi bahagia dan tetap stres. Penting untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman Anda melalui panggilan video. Itu membuat Anda merasa jauh lebih baik dan mengingatkan Anda bahwa semua orang terlibat dalam hal ini bersama.

6. Pernafasan diafragma

Dianjurkan untuk mengikuti pernapasan diafragma untuk beberapa waktu di siang hari. Ini bagus untuk menenangkan saraf Anda dan juga membantu Anda menjaga kesehatan paru-paru. Pastikan Anda menggunakan perut Anda untuk bernafas. Untuk memeriksanya, letakkan satu tangan di perut Anda dan yang lainnya di dada Anda. Tangan di perut harus bergerak masuk dan keluar dengan perut saat Anda bernapas.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3874 seconds (0.1#10.140)