Weekend Ini, Yuk Sulap Kamar Rumah Serasa Hotel. Cek Panduannya!

Minggu, 05 April 2020 - 09:30 WIB
Weekend Ini, Yuk Sulap Kamar Rumah Serasa Hotel. Cek Panduannya!
Weekend Ini, Yuk Sulap Kamar Rumah Serasa Hotel. Cek Panduannya!
A A A
JAKARTA - Saat menerapkan social ataupun physical distancing, banyak orang memusatkan kegiatan mereka di rumah. Rasa jenuh pasti ada. Nah, untuk mengatasi kejenuhan itu, Anda bisa melakukan lima hal berikut ini.

Arahan dari pemerintah agar masyarakat menjaga jarak dengan orang lain, membuat sebagian kalangan memilih memusatkan segala macam aktivitas di rumah demi memutus rantai penyebaran COVID-19. Rumah menjadi sentra bagi seluruh anggota keluarga untuk bekerja, belajar, dan beribadah.

Sebagian orang ada yang menjadikan kamar pribadi sebagai “markas” untuk melakukan berbagai kegiatan. Rasa jenuh bisa saja muncul. Tapi, sedikit perubahan dapat membawa nuansa baru di kamar. Juga, memberi alternatif kesibukan baru untuk menghilangkan kebosanan.

Salah satu accomodation network operator di Indonesia, Airy, membagikan tips untuk menyulap kamar Anda serasa kamar di hotel. Tips ini menyadur metode “ABC’s Daily Cleaning” dari program Airy Community, yakni platform pelatihan Airy untuk meningkatkan kapabilitas tenaga kerja perhotelan, khususnya aspek housekeeping dan front office, yang telah diikuti oleh lebih dari 4.000 karyawan hotel/penginapan mitra Airy.

Berikut ini lima panduan untuk melakukan hal tersebut.

1. Anti semrawut
Yang menjadi daya tarik kamar hotel adalah tidak adanya barang yang berserakan. Rapikan kembali ruang kamar Anda dengan menempatkan barang pada lokasi simpan masing-masing. Buku serta majalah di rak, baju di lemari, pernak-pernik di dalam kotak, dan sebagainya. Sediakan kontainer khusus sebagai tempat simpan sementara, apabila Anda belum sempat mengaturnya. Untuk mempermudah Anda mengatur barang yang ada di kamar, lakukan searah jarum jam.

2. Kasur necis
Bukan hanya tampilan Anda yang harus bersih dan rapi. Tempat tidur pun harus necis agar Anda “tertarik” untuk membaringkan diri. Mulai dengan mengganti kain seprei, senada dengan sarung bantal atau guling. Pastikan seprei terpasang seimbang sisi kiri dan kanannya, serta tertarik kencang sehingga permukaan kasur terlihat mulus. Jangan tempatkan terlalu banyak bantal atau guling di tempat tidur. Cukup sepasang untuk setiap orang. Apabila ada dua pasang, posisikan bantal atau guling tersebut saling berhadapan pada bagian lubang sarungnya. Tempatkan bantal kecil atau boneka sebagai pemanis.

3. Meja lega
Kosongkan area meja di kamar Anda. Tak harus tidak ada benda sama sekali, namun minimalisir jumlahnya dan pilih yang paling fungsional seperti lampu meja dan pohon kaktus mini. Space seperti ini yang biasa Anda temui di kamar-kamar hotel. Meja yang lega memberi kesan luas pada ruangan, dan yang lebih penting lagi, memudahkan Anda untuk segera fokus apabila hendak menggunakannya untuk bekerja.

4. Dry dan damp dusting untuk debu yang membandel
Pada bagian yang berdebu tipis (tampak mata), gunakan metode dry dusting yakni menggunakan lap kering. Pastikan ceceran debu tak menimpa benda di sekitarnya. Pada furnitur seperti meja, lemari, pintu, kusen dan kaca jendela, alat elektronik, serta cermin terapkan langkah damp dusting dengan menggunakan kain lembab. Akhiri dengan furniture polish untuk mengilapkan barang-barang tersebut sekaligus merawatnya.

5. Sapu dan pel
Langkah terakhir, sapu kamar Anda dari area yang terjauh dari pintu masuk (bisa juga dengan menggunakan vacuum cleaner). Lanjutkan proses dengan mengepel lantai. Pastikan kain pel tidak dalam kondisi basah, cukup lembab saja, agar lantai tidak meninggalkan jejak saat diinjak, atau meninggalkan bekas air setelah kering. Gerakkan tongkat pel Anda dengan menekan dan memutarnya membentuk angka delapan sambil berjalan mundur. Awali pula dari area terjauh. Ini agar pengepelan merata dan lantai yang telah bersih tidak terinjak kembali.

Tak cukup clean dan rapi saja, sebagai antisipasi pencegahan virus COVID-19, pembersihan kamar juga perlu dilengkapi dengan langkah disinfektasi. Semprotkan cairan disinfektan di kain, lalu lap permukaan benda yang sering Anda lewati atau gunakan. Kalau kamar bersih bak hotel dan bebas virus, Anda pun sehat sekaligus nyaman beraktivitas.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6705 seconds (0.1#10.140)