Seni Membuat Sushi

Sabtu, 29 November 2014 - 14:51 WIB
Seni Membuat Sushi
Seni Membuat Sushi
A A A
Mau masak apa hari ini? Kalau sudah bosan dengan menu rumahan ala Indonesia, sekali-kali coba deh memasak hidangan khas Jepang yang bahan dasarnya juga beras dan lauk-pauk. Apalagi kalau bukan sushi.

Buat penci nta maka nan, khususnya masakan Jepang, tentu sushi bukanlah sesuatu yang asing. Kehadirannya terbukti mampu menarik minat para penikmat makanan. Apalagi ditunjang dengan presentasinya yang indah, ada yang rollmaupun nigiri.

Porsinya yang “imutimut” membuat sushi cocok dijadikan menu santapan ataupun camilan. Hmm…tentu saja camilan yang bisa sangat mengenyangkan perut. Kekhasan sushiterletak pada rasanya yang agak asam. Cita rasa ini berasal dari cuka beras yang dicampur dengan gula dan garam. Campuran cuka dan garam ini pula yang membuat nasi sushitahan lama.

Dimasak pagi, masih enak dimakan sore ataupun malam. Rice vinegaratau cuka beras merupakan bumbu inti sushi. Tapi ingat, jangan ganti rice vinegarini dengan cuka yang biasa kita pakai di dapur karena rasanya akan jadi sangat asam. Sebelum membuat sushi, ada baiknya Anda mengetahui bahan serta bumbu inti yang hendak digunakan. Bahan baku utama tentu saja beras.

Untuk menghasilkan sushidengan tekstur yang autentik, sebaiknya Anda menggunakan beras Jepang.Kita tahu, sushi adalah nasi dan lauk yang dibentuk. Agar dapat dibentuk, nasi tidak boleh pera. Nah, beras Jepang ini mengandung kadar amilosa sekitar 12%-15% sehingga nasinya lebih lengket. Semakin rendah kandungan amilosapada pati beras, maka akan semakin lengket nasi yang dihasilkannya kelak.

Namun, kalau mau pakai beras lokal, sebaiknya dicampur dengan beras ketan. Jadi, komposisinya untuk 1 kg beras harus ditambah 1 ons beras ketan. Selanjutnya, pikirkan jenis sushiyang akan Anda buat. Untuk membuat california roll, misalnya, selain nasi sushi, Anda perlu mempersiapkan bahan lain seperti mentimun jepang, alpukat, kani steak, dan tobiko(telur ikan terbang).

Berbeda halnya jika yang akan dibuat adalah tuna roll(isi tuna), eby tempura roll, crunchy roll(isi kulit ayam/salmon renyah), dan java roll. Khusus menu yang disebut paling akhir, resepnya berasal dari restoran Sakura. Bahannya tak lain adalah tempe orek. Selain nasi dan bahan lauk, yang perlu dipersiapkan juga adalah nori (rumput laut kering) dan mayones.

Nori lazim digunakan sebagai pelapis nasi, sementara mayones dijadikan “bumbu” untuk beberapa menu yang memang cocok disantap dengan mayones seperti california roll, crunchy roll,dan eby tempura roll. Norimemiliki sisi kasar dan sisi halus. Sisi yang kasar sebaiknya digunakan untuk meletakkan nasi. Bahan-bahan sudah siap, tinggal skill yang diperlukan.

Skill membuat sushi tidak boleh dianggap remeh karena menggulung nasi sushitidak semudah yang dibayangkan lho.Diperlukan kemampuan dan trik khusus dalam menggulung agar bahan-bahan yang digunakan bisa “terkunci” rapat di dalam nasi dan mudah dipotong. Satu hal lagi, untuk menggulung sushi, Anda memerlukan alat yang namanya makisu.

Alat ini terbuat dari kayu dan berbentuk seperti tikar mini. Lapisi makisudengan plastik agar nasi tidak menempel. Pastikan juga tangan Anda bersih saat menggulung sushidan tidak memakai cincin. Sebab, cincin itu tentu akan memengaruhi hasil akhir sushi. Oh ya, jangan lupa ganti plastik pelapis makisukalau ingin digunakan lagi. Sebab, plastik itu nanti lembap dan berpotensi ditumbuhi jamur. Karenanya, harus selalu diganti dengan yang baru.

Titi s apridawaty
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5995 seconds (0.1#10.140)