Cara Alami Pertahankan Kolagen Kulit

Sabtu, 29 November 2014 - 14:57 WIB
Cara Alami Pertahankan Kolagen Kulit
Cara Alami Pertahankan Kolagen Kulit
A A A
Banyak minum air

Minimal delapan gelas per hari untuk menghindari kulit kering yang juga akan berpengaruh pada permukaan kulit.

Menghindari makanan asin dan minuman berkafein

Garam dapat menyebabkan tubuh mengikat molekul air lebih banyak, sehingga cairan tidak dapat mengalir dengan mudah ke bagian tubuh yang berkulit tipis. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan pada dermis atau permukaan kulit. Ketika serat kolagen menjadi kering ia akan mudah rusak.

Tingkatkan sirkulasi darah dengan olahraga

Olahraga dapat mencegah lemak terakumulasi di bawah lapisan subkutan kulit. Lemak yang menumpuk nantinya dapat merusak kolagen, yang akan menyebabkan kulit kendur dan keriput. Setidaknya lakukan 30 menit olahraga setiap hari.

Gunakan tabir surya

Kulit yang tidak menggunakan tabir surya akan cepat rusak terpapar sinar matahari. Kulit yang rusak tidak dapat menghasilkan kolagen, untuk itu lindungi kulit dengan tabir surya.

Konsumsi makanan mengandung AHA

Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bertanggung jawab untuk mencabut sel-sel kulit tua yang mungkin menempel pada lapisan atas kulit. Bila tidak dibersihkan, sel-sel kulit tua dapat membuat kulit tampak tua. Konsumsi nanas, anggur, dan jeruk, serta asam laktat yang ada di dalam susu.

Banyak konsumsi vitamin C dan A

Terutama kandungan vitamin C dan A lewat buah dan sayur. Mayo Clinic melalui studinya menyebut makanan kaya vitamin C dan A dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5194 seconds (0.1#10.140)