Bruce Springsteen dan Chris Martin Gantikan Bono

Selasa, 02 Desember 2014 - 14:53 WIB
Bruce Springsteen dan Chris Martin Gantikan Bono
Bruce Springsteen dan Chris Martin Gantikan Bono
A A A
NEW YORK -
Rocker Bruce Springsteen dan vokalis Coldplay Chris Martin membuat kejutan pada konser Hari AIDS Sedunia yang digelar di Times Square New York, Senin (1/12/14) waktu setempat.

Kedua penyanyi itu menggantikan vokalis U2, Bono, yang tidak dapat hadir karena mengalami cedera ketika bersepeda.

Bruce dan Chris bergabung dengan anggota lain U2, seperti Adam Clayton, The Edge dan Larry Mullen Jr., dan menyanyikan lagu-lagu grup rock asal Irlandia itu di hadapan kerumunan massa yang terbungkus mantel dan topi serta berlindung di bawah paying dari guyuran hujan yang turun di kawasan Manhattan itu.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton yang membuka konser itu mengatakan menerima email dari Bono, yang sedang memulihkan di Irlandia akibat kecelakaan bersepeda di New York bulan lalu, yang isinya meminta Clinton untuk membuka acara tersebut.

“Tahun ini, untuk kali pertama, lebih banyak orang yang mengonsumsi obat penyelamat nyawa daripada yang didiagnosa menderita AIDS. Kita bisa mengakhiri AIDS, tapi kita harus melakukan bagian kita,” papar Clinton di hadapan kerumunan massa, seperti dikutip Reuters.

Chris membuka konser itu dengan menyanyikan lagu Beautiful Day bersama U2 dan diikuti With or Without You.

Pesan mengenai pandemi AIDS yang dimulai sejak lebih dari 30 tahun yang lalu ditayangkan di hadapan kerumunan massa. Data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperlihatkan pada 2013, sedikitnya 35 juta orang hidup dengan HIV yang menyebabkan AIDS, 2,1 juta orang baru saja terinfeksi virus itu dan sekitar 1,5 juta orang tewas akibat AIDS.

Dalam konser tersebut, penyanyi Carrie Underwood menyanyikan dua lagu, diikuti rapper Kanye West, sebelum U2 kembali tampil bersama Bruce, yang menyanyikan Where The Streets Have No Names.

Sebelumnya, Bono, yang dilobi untuk sejumlah keprihatinan termasuk penghapusan utang, kemiskinan dunia, dan AIDS, menyatakan di situs U2 bahwa Hari AIDS Sedunia tahun ini istimewa karena 13 juta orang mendapatkan akses obat penyelamat nyawa, angka ini naik dari 300.000 pada 10 tahun lalu.

Bono terluka saat bersepeda di Central Park New York. Dia mengalami luka di wajah, pundak dan tangan, yang memerlukan operasi. Sedikitnya 3 plat logam dan 18 sekrup dibutuhkan untuk memperbaiki tulang di lengan atasnya. Dia akan membutuhkan terapi intensif tapi diperkirakan pulih sepenuhnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7348 seconds (0.1#10.140)