Manfaat Jalan Kaki

Rabu, 10 Desember 2014 - 16:15 WIB
Manfaat Jalan Kaki
Manfaat Jalan Kaki
A A A
JAKARTA - Jalan kaki sering kali dipandang remeh. Dalam kegiatan berolahraga, lari lebih difavoritkan ketimbang yang satu ini. Padahal baik jalan kaki pun tak kalah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Lagipula, olahraga ini cukup murah, gampang, bisa dilakukan untuk segala usia dan juga menyenangkan. Apa saja manfaat jalan kaki bagi kesehatan? Ini dia:

1. Memperkuat jantung
Jalan kaki selain mudah dilakukan dan murah, ternyata dengan berjalan kaki secara teratur dapat menurunkan risiko serangan jantung dan pembuluh koroner.

2. Memperbaiki sistem gula darah
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan kadar gula yang terlalu tinggi didalam darah. Nah, untuk menghindari penyakit itu, coba rajin berjalan kaki secara rutin. Karena dengan berjalan kaki secara rutin dapat membuat kadar gula atau glukosa di dalam tubuh akan bekerja di setiap jaringan sel dalam tubuh sehingga glukosa tersebut tidak terkonsentrasi atau menumpuk di dalam darah.

3. Memperkuat otot dan mencegah osteoporosis
Manfaat lain dibalik jalan kaki adalah dapat memperkuat otot, ligamen dan tulang rawan. Selain itu kelebihan dari jalan kaki adalah dapat mencegah pengeroposan tulang atau esteoporosis bagi yang masih muda.

4. Menjaga berat badan
Bagi kalian yang yang udah coba diet berbagai macam cara untuk dapetin berat badan yang ideal tapi belum berhasil juga. Jalan kaki secara rutin, wajib dicoba. Karena dengan berjalan kaki dipagi hari secara rutin dapat membakar kalori dalam tubuh. Pembakaran kalori yang baik itu jika dilakukan dengan berjalan kaki lebih cepat.

5. Menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh
Banyak manfaat yang didapat dari berjalan kaki, selain mudah dan murah, dengan berjalan kaki dapat menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh. Berjalan kaki secara rutin juga dapat menjaga sistem pernafasan.

6. Menghilangkan stres
Berjalan dapat membantu mengurangi stres. Selama berjalan, rasa kekhawatiran akan berkurang karena otak melepaskan endorfin. Nah, endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Endorfin mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4972 seconds (0.1#10.140)