Diabetes Bisa Sebabkan Kematian

Sabtu, 20 Desember 2014 - 21:36 WIB
Diabetes Bisa Sebabkan Kematian
Diabetes Bisa Sebabkan Kematian
A A A
JAKARTA - Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya. Jika dibiarkan, maka bisa menyebabkan munculnya penyakit lain yang berakitbat fatal.

"Diabet adalah penyakit gula yang dapat menyebabkan orang dapat meninggal karena komplikasi. Banyak orang diabet yang meninggalnya karena penyakit jantung," tutur Ketua JDM 2014, Dr.Dante S.Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD di Hotel Shangrila, Jumat (19/12/2014).

Bagi pasien yang sudah terkena diabetes perlu dilakukan upaya pencegahan komplikasi kronis dengan cara mengendalikan kadar gula darah semaksimal mungkin, mengendalikan tekanan darah, kolesterol dan berat badan. Baik dengan edukasi pengendalian berat badan, perubahan gaya hidup, obat-obatan sampai pemberian insulin diharapkan dapat mengalihkan gula darah.

"Orang ngobatin diabetes pasti obatin obesitas. Jadi Dokter itu ngobatin dari atas sampe bawah. Bukan cuma diabetesnya aja," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4697 seconds (0.1#10.140)