Fakta Seputar Gula dan Garam

Minggu, 21 Desember 2014 - 13:00 WIB
Fakta Seputar Gula dan Garam
Fakta Seputar Gula dan Garam
A A A
Gula

1.Gula adalah salah satu turunan senyawa karbohidrat. Setiap hari kita membutuhkan karbohidrat sebesar 45%-60% dari total asupan kalori per hari, termasuk pati (serealia) dan gula.

2.Karbohidrat merupakan zat gizi penting untuk otak dan menyediakan energi yang dibutuhkan organ tubuh untuk berfungsi normal. Gula yang dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, secara langsung bakal meningkatkan kadar gula darah serta berdampak pada terjadinya diabetes tipe 2, bahkan secara tidak langsung berkontribusi terhadap munculnya penyakit osteoporosis, jantung, dan kanker.

3.Menurut data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, prevalensi diabetes melitus terdiagnosis sebesar 2,1%, sementara batas konsumsi gula dalam sehari yang direkomendasikan Kemenkes adalah 3-6 sendok makan atau 25- 50 gram.

Garam

1.Natrium atau disebut pula sodium dalam bahasa Inggris merupakan komponen dalam garam yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam sel darah, serta berfungsi untuk menyampaikan informasi di dalam sistem saraf dan otot.

2.Pada kemasan makanan, kadar garam biasanya disebut dengan natrium. Natrium juga digunakan dalam penyebaran beberapa zat gizi tertentu dari usus kecil.Tubuh manusia tidak memproduksi sodium sendiri. Oleh karenanya perlu asupan dari luar.Sisi negatif natrium adalah jika dikonsumsi berlebihan bakal meningkatkan tekanan darah.

3.Menurut data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 25,8%. Sementara, batas konsumsi garam dalam sehari yang direkomendasikan oleh Kemenkes adalah 5 gram atau 2.000 miligram natrium.

Titi s apridawaty
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6661 seconds (0.1#10.140)