Kenali Gejala Kurang Vitamin K

Senin, 29 Desember 2014 - 17:43 WIB
Kenali Gejala Kurang Vitamin K
Kenali Gejala Kurang Vitamin K
A A A
JAKARTA - Dari tiga jenis vitamin K, vitamin K2 merupakan vitamin yang paling penting dan berguna untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan arteri agar tetap bersih.

Karena memiliki manfaat yang penting untuk tubuh, maka Anda harus pastikan agar Anda memenuhi kebutuhan vitamin K harian Anda agar tidak kekurangan.

Berikut adalah tanda-tanda tubuh Anda kekurangan vitamin K seperti dilansir dari boldsky.com:

1. Pendarahan
Terjadinya pendarahan yang abnormal merupakan sebuah tanda, Anda kekurangan vitamin K. Hidung dan gusi yang mengalami pendarahan adalah beberapa tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan. Sedangkan untuk kasus yang cukup parah, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pendarahan di saluran pencernaan.

2. Janin tidak berkembang
Kekurangan vitamin K dapat berdampak buruk pada perkembangan janin Anda. Hal ini dapat terlihat ketika Anda sedang hamil dan terjadi pendarahan internal. Janin menjadi tidak berkembang secara sempurna. Pasalnya vitamin K dapat membantu ibu hamil dalam perkembangan janinnya. Ini adalah salah satu alasan megapa ibu hamil diberikan vitamin K sebagai suplemen.

3. Pembekuan darah
Pembekuan darah yang meluas dalam tubuh merupakan salah satu tanda, Anda kekurangan vitamin K. Karena kekurangan vitamin K akan menyebabkan penurunan kadar protrombin darah.

4. Pengerasan arteri
Kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan deposisi kalsium yang berlebihan terutama pada jaringan lunak. Oleh karena itu, pengerasan arteri merupakan salah satu tanda Anda kekurangan vitamin K. Dalam kondisi ekstrem ini dapat menyebabkan kalsifikasi aorta berat.

5. Menurunnya kesehatan usus
Kurangnya vitamin K dapat menyebabkan masalah besar dengan usus kecil. Karena kurangnya vitamin K menyebabkan gangguan kesehatan usus seperti obstruksi bilier, malabsorpsi, cystic fibrosis, dan reseksi usus kecil. Sehingga pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin K yang cukup agar kesehatan pencernaan Anda terjaga.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6136 seconds (0.1#10.140)