Sel Lemak Melindungi dari Infeksi Bakteri

Selasa, 06 Januari 2015 - 08:51 WIB
Sel Lemak Melindungi dari Infeksi Bakteri
Sel Lemak Melindungi dari Infeksi Bakteri
A A A
LOS ANGELES - Tidak semua lemak jahat, sebuah penelitian di AS mengatakan, sel lemak kulit yang dikenal dengan adipocytes dapat memproduksi peptida atau proten yang dapat melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

Adipocytes dapat memberikan perlindungan langsung untuk melawan bakteri dengan memproduksi antimikroba yang dapat memicu pembentukan sel putih. Sel putih tersebut yang kemudian berfungsi memberi kekebalan.

Dilansir dari VOA, peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas California San Diego melaporkan bahwa, tikus putih yang mengalami infeksi kulit, jumlah dan ukuran sel lemak bertambah.

Setelah terinfeksi, dalam hitungan jam, sel-sel lemak tersebut memproduksi peptida antimikroba yang disebut CAMP dalam level tinggi. Level CAMP yang rendah, rentan terhadap infeksi Staph dan juga virus.

Namun, peptida dalam jumlah berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, seperti lupus dan psoriasis.

Berdasarkan penemuan ini, peneliti dapat mengembangkan obat-obatan untuk meningkatkan respon kekebalan bagi sebagian orang, termasuk penderita diabetes yang mudah terkena infeksi pada kulit.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5483 seconds (0.1#10.140)