Teh Hijau yang Segar dan Kaya Khasiat

Selasa, 20 Januari 2015 - 13:32 WIB
Teh Hijau yang Segar dan Kaya Khasiat
Teh Hijau yang Segar dan Kaya Khasiat
A A A
JAKARTA - Teh hijau sering kali dianjurkan untuk diminum bagi mereka yang sedang diet. Minuman ini dikenal berguna untuk menurunkan berat badan. Tapi, sebenarnya, masih banyak manfaat lain dari minum teh jenis ini meskipun Anda sedang tidak menjalani program diet.

Mengonsumsi teh hijau memang membuat tubuh segar dan sehat. Nah, dikutip dari Menshealth, setidaknya ada enam khasiat yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsi teh hijau. Apa saja?

1. Memperkuat tulang

Menurut sebuah penelitian dari Hong Kong, antioksidan dalam teh hijau berfungsi mendongkrak enzim yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang hingga 79%. Selain itu, teh hijau juga dapat menghalangi aktivitas pada sel yang dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang yang menyebabkan osteoporosis.

2. Menghalau kanker
Antioksidan yang terdapat dalam teh hijau juga berfungsi meredakan peradangan pada sistem kekebalan tubuh, yang bisa membantu menghambat penyebaran sel kanker dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 2 cangkir sehari dapat mengurangi risiko kanker kulit.

3. Meredam flu dan demam
Menurut para peneliti, salah satu kandungan teh hijau, yakni EGCG, mampu menghentikan virus flu dan demam yang akan datang menyerang.

4. Mencegah Alzheimer
Selain dapat mencegah flu, peneliti juga membuktikan bahwa ECGC juga mampu menghadang dan memecah pembentukan sejenis protein yang menyumbat otak yang disebut amyloid yang dapat menghentikan atau setidaknya memperlambat Alzheimer.

5. Mencegah depresi
Menurut penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, dengan mengonsumsi sebanyak 4 cangkir atau lebih teh hijau setiap harinya bisa memangkas gejala depresi hingga 44%. L-theanine yang terkandung dalam teh hijau juga mampu meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

6. Melindungi penglihatan
Antioksidan yang ada pada teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melewati sistem pencernaan menuju ke jaringan mata, khususnya ke retina. Dan dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit mata seperti glaucoma.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7446 seconds (0.1#10.140)