Kopi Bisa Melawan Kanker Kulit

Senin, 26 Januari 2015 - 10:22 WIB
Kopi Bisa Melawan Kanker Kulit
Kopi Bisa Melawan Kanker Kulit
A A A
MENURUT penelitian baru, minum empat cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko untuk jenis yang paling parah dari kanker kulit, melanoma ganas. Studi ini dipublikasikan di JNCI: Journal of the National Cancer Institute.

Meskipun temuan awal, membuat perubahan gaya hidup dengan efek protektif, akan memiliki dampak yang tak terlalu signifikan terhadap morbiditas melanoma. Sebagaimana dikutip dari healthmeup.com, penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa kopi dapat membantu mencegah jenis kanker kulit nonmelanoma.

Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsumsi kopi dan penyakit kulit melanoma, Erikka Loftfield dari divisi epidemiologi kanker dan genetika di US National Cancer Institute menggunakan data dari NIH-AARP Diet dan Health Study.

Informasi tentang konsumsi kopi diperoleh dari 447.357 subyek putih nonhispanik dengan makanan kuesioner frekuensi sendiri diberikan dalam 1995/1996, dengan median tindak lanjut dari 10 tahun.
Semua mata pelajaran yang termasuk dalam analisis adalah bebas kanker pada awal.

Para peneliti menemukan bahwa peminum kopi biasa yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20 persenlebih rendah terkena kanker kulit, dibanding mereka yang minum kopi kurang. Para peneliti juga mengamati bahwa kopi tanpa kafein tidak memberikan manfaat perlindungan yang sama.

Ada juga kecenderungan perlindungan lebih dengan asupan tinggi, dengan efek perlindungan meningkat dari satu cangkir empat atau lebih.

Para peneliti juga menemukan ada faktor lain penyumbang yang mungkin memengaruhi kemungkinan mengembangkan kanker kulit, termasuk paparan radiasi UV, indeks massa tubuh, usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kebiasaan gaya hidup seperti konsumsi alkohol dan merokok.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi sering dapat mengurangi risiko kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, demensia, diabetes, dan depresi.

Senyawa yang disebut polifenol yang hadir dalam kopi bertanggung jawab untuk melindungi memori dan kemampuan kognitif. Sifat antioksidan kopi telah dikaitkan dengan mengurangi risiko untuk jenis kanker kulit juga.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3637 seconds (0.1#10.140)