Nih, 5 Tips Hidup Sehat Melawan Alzheimer

Selasa, 10 Februari 2015 - 16:37 WIB
Nih, 5 Tips Hidup Sehat Melawan Alzheimer
Nih, 5 Tips Hidup Sehat Melawan Alzheimer
A A A
Alzheimer merupakan penyakit yang kerap dikaitkan dengan pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok, kurang olahraga, dan mengonsumsi makanan tidak sehat menjadi pemicunya.Penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya memori dan kecepatan motorik seperti menulis dan berjalan.

Tentu saja, itu hanya salah satu dari banyak penyakit yang dapat mempengaruhi penuaan otak. Akan tetapi gejala penyakit bisa dihindari dengan meningkatkan kualitas otak agar tetap sehat Pola hidup dan pola makanan yang sehat salah satu langkah penting untuk untuk menjaga kesehatan otak.

Mengutip Healtmeup, berikut adalah lima tips gaya hidup sehat yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan otak:

1. Meningkatkan Aktivitas Olahraga
Para peneliti menunjukkan aktivitas fisik sebagai faktor untuk menghindari penyakit Alzheimer. Tidak peduli berapa usia yang dimiliki. Aktif secara fisik dapat menawarkan manfaat perlindungan dari penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif umum. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa berolahraga selama seumur hidup menawarkan perlindungan yang paling bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Lantaran aktivitas fisik benar-benar memengaruhi struktur dan fungsi otak .

2. Berhenti merokok
Kebiasaan merokok memang terbukti dapat menimbulkan beberapa penyakit. Salah satunya menyebabkan penyakit paru-paru dan jantung. Terlebih merokok merupakan penyebab utama terserang penyakit Alzheimer. Para ahli percaya bahwa merokok memicu penyakit Alzheimer dengan menyebabkan penyakit serebrovaskular (penyempitan pembuluh darah otak). Oleh karenanya ingin otak tetap sehat, gaya hidup merokok harus dihilangkan .

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat
Mengonsumsi makanan sehat memang solusi tepat dalam menjaga fungsi otak. Salah satunya dalam mengonumsi minyak ikan dan sayuran. Hal itu dikarenakan dapat mengurangi lemak jenuh pada otak. Para peneliti percaya bahwa manfaat perlindungan terletak pada kombinasi dari makanan sehat yang dikonsumsi.

4. Meningkatkan Konsumsi Susu
Para peneliti sedang melakukan penelitian tentang manfaat kesehatan dari Riboside nicotinamide, vitamin metabolit alami yang ditemukan dalam susu. Termasuk perannya dalam memromosikan kesehatan otak. Dengan meningkatkan Riboside nicotinamide dapat mengurangi Nikotinamida adenina dinukleotida (NAD) agar meningkatkan metabolisme sel sehat. Tak hanya itu, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Cukup tidur
Kurang tidur membuat seseorang merasa marah dan pusing, tetapi juga menyebabkan deplesi NAD. Selain itu, tidak cukup tidur atau mengalami banyak gangguan saat tidur juga merupakan faktor risiko untuk penyakit Alzheimer. Protein yang disebut amiloid beta membangun menjadi plak berbahaya di otak yang merupakan ciri khas penyakit Alzheimer. Tingkat amyloid beta meningkat selama jam bangun dan jatuh saat tidur. Tidur yang cukup membantu melindungi otak dan tampaknya menawarkan efek perlindungan dari penyakit Alzheimer.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6474 seconds (0.1#10.140)
pixels