Mengenal Alzheimer, Penyakit yang Membuat Chris Hemsworth Vakum dari Dunia Hiburan

Minggu, 20 November 2022 - 14:14 WIB
loading...
Mengenal Alzheimer, Penyakit yang Membuat Chris Hemsworth Vakum dari Dunia Hiburan
Baru-baru ini aktor hollywood Chris Hemsworth dikabarkan berencana hiatus dari dunia hiburan karena didiagnosis memiliki genetik penyakit Alzheimer. Foto/
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini aktor hollywood Chris Hemsworth dikabarkan berencana hiatus dari dunia hiburan. Pemeran film Thor ini disebut-sebut akan mengambil waktu istirahat karena didiagnosis memiliki genetik penyakit Alzheimer.

Hal itu diketahui saat Chris Hemsworth bertemu dengan seorang dokter yang menyebut dirinya terkena penyakit Alzheimer 8 hingga 10 kali lipat. Dokter menjelaskan bahwa Chris Hemsworth memiliki dua salinan gen, APOE4, yang diwarisi dari ayah dan ibunya. Kakek dari pihak ibu Hemsworth juga menderita Alzheimer.

Lantas, apa itu Alzheimer? Apa saja penyebabnya hingga sering dikaitkan dengan demensia ini? Berikut ulasannya.

Penyakit Alzheimer adalah gejala yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak yang memengaruhi memori, keterampilan berpikir, dan kesehatan mental pengidapnya.



Penyakit Alzheimer terjadi saat protein otak gagal berfungsi secara normal sehingga mengganggu kinerja sel otak (neuron). Ketika neuron rusak, sel otak kehilangan koneksi satu sama lain hingga akhirnya mati.

Penyakit Alzheimer bisa berkembang seiring berjalannya waktu dan memengaruhi beberapa fungsi otak. Pada tahap awal, penderitanya akan mengalami gangguan daya ingat bersifat ringan, seperti tidak mengingat nama benda, percakapan, atau peristiwa yang belum lama terjadi.

Seiring waktu, penyakit Alzheimer bisa bertambah parah. Penderita kondisi ini bisa mengalami linglung atau cemas, serta selalu curiga terhadap orang lain.

Demensia, Alzheimer, dan pikun adalah istilah yang sering kali digunakan bergantian. Walaupun sama-sama gangguan yang menyerang otak, tetapi faktanya, Alzheimer berbeda dengan demensia atau pikun.

Demensia sendiri bukanlah sebuah penyakit melainkan kumpulan dari berbagai gejala gangguan otak, dan penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakitnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6095 seconds (0.1#10.140)