Anak Memerlukan Lemak untuk Pertumbuhan Otak

Rabu, 18 Februari 2015 - 20:29 WIB
Anak Memerlukan Lemak untuk Pertumbuhan Otak
Anak Memerlukan Lemak untuk Pertumbuhan Otak
A A A
JAKARTA - Lemak seringkali dianggap berbahaya sehingga dihindari. Padahal, bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, lemak dibutuhkan membantu perkembangan otaknya.

“Anak butuh lemak karena otak 60% otak terdiri dari lemak. Jadi kalau anak diet lemak, otak enggak berkembang dong,” ujar ketua UKK Neurologi, Ikatan Dokter Anak Indonesia DR. Dr. R.A Setyo Handryastuti, SpA(K) di Jakarta.

Endang menjelaskan, jika orang dewasa membutuhkan 20% lemak, maka anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan 30% lemak dari angka kecukupan gizi. Untuk perkembangan otak yang baik, gizi seimbang pun harus diberikan pada anak sejak lahir, bahkan sejak dalam kandungan.

"Saat lahir, perkembangan otak bayi mencapai 30%. Kemudian, menginjak usia 1 tahun menjadi 60%, usia 5-6 tahun menjadi 90%, hingga usia 10 tahun sudah mencapai 100%. Saat lahir, nutrisi yang paling baik untuk bayi adalah air susu ibu," papar dia.

Menurutnya, ASI merupakan makanan terbaik dan sudah seimbang bagi bayi. Pasalnya, Omega 3 dipercaya baik untuk tumbuh kembang anak. Omega 3 banyak terkandung pada ikan laut. Walaupun lemak tetap dibutuhkan oleh anak, namun tetap harus terkontrol. Hal ini agar, sang anak tidak mengalami obesitas.

“Obesitas pada anak juga dihindari. Jika obesitas, nanti saat usia muda mereka berisiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya,” pungkas Endang.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5816 seconds (0.1#10.140)