Mencicipi Chicken Terriyaki Spesial

Senin, 23 Februari 2015 - 09:20 WIB
Mencicipi Chicken Terriyaki Spesial
Mencicipi Chicken Terriyaki Spesial
A A A
YOSHI Izakaya menjadi destinasi kuliner yang lengkap menyajikan menu autentik Jepang. Varian menu yang tersedia cukup beragam, mulai dari zensai, kushiyaki, teppanyaki, shabu-shabu, hingga gozen (set menu).

Sebagai sebuah restoran Jepang yang berada di hotel Gran Melia Jakarta, Yoshi Izakaya menawarkan pengalaman mencicipi menu Jepang autentik secara komplet. Bagaimana tidak, menu-menu yang diangkat relatif banyak jumlahnya. Mulai dari zensaialias hidangan pembuka hangat atau dingin, tempura, sashimi, sushi, kushi, robatayaki, shabu-shabu, teppanyaki, hingga gozen.

Yang disebut terakhir ini adalah set menu. Kendati tidak bisa dibilang sedikit ragam menu yang dibawakan, Executive Japanese Chef Tomoaki Ito justru mengandalkan chicken teriyakisebagai hidangan favorit. Mulanya KORAN SINDO berpikir untuk sebuah restoran sekelas hotel bintang lima mengapa hanya menjagokan menu yang sangat umum tersebut.

Hampir di setiap restoran Jepang di Jakarta, chicken teriyakitak pernah absen di daftar menu. Rasanya amat biasa alias standar. Tak ada yang istimewa. “Ya, menurut Chef Ito chicken teriyaki menu andalannya. Terkesan biasa saja, tapi dia berani jamin rasa chicken teriyakiYoshi Izakaya tidak ada duanya,” kata Annisa Rahmita selaku Public Relations Officer hotel Gran Meliá Jakarta.

Alhasil, KORAN SINDOpun memesan hidangan tersebut. Selang beberapa lama, datanglah menu yang ditunggu. Penampilannya biasa, set menu itu terdiri atas nasi, chawan mushi,sup miso, acar, dan sepiring chicken teriyakiyang porsinya pun tidak bisa dibilang banyak. Dada ayam fillet yang telah dipotong memanjang untuk memudahkan menyantapnya, berwarna kecokelatan dari siraman saus teriyaki.

Pertama kali merasakan menu ini, barulah tahu kenapa Chef Ito keukeuh menjagokan hidangan sederhana ini. Rasanya tidak sesederhana penampilannya. Daging ayamnya amat empuk dengan rasa manis gurih yang menyelimuti hingga ke bagian dalam daging. Tidak hanya di permukaan. Tampaknya daging ayam telah melalui proses marinasi yang sempurna sehingga bumbu dan saus yang digunakan menyerap sampai ke dalam.

Chicken teriyakiini sukses menciptakan harmonisasi di lidah. Well done chef Ito! Jika Anda berkunjung ke tempat ini, di bagian tengah restoran terdapat robatayaki station. Robatayaki atau disingkat robata adalah cara memanggang lambat di atas perapian. Konsep robatayaki memang unik.

Proses pemanggangan dilakukan langsung atau biasa disebut open kitchen dan dikelilingi oleh para pelanggan. Kushiyakiatau sate Jepang termasuk di dalamnya. Untuk varian kushiyaki, silakan pilih sendiri.

Namun, beberapa kushiyakisignature restoran ini, antara lain yakitori atau sate ayam dengan daun bawang, tori kanawa atau kulit ayam, gyufillet atau daging has dalam dengan potongan sayuran, atsuagedengaku atau tahu goreng dengan miso, dan masih ada lagi ikan salmon, ikan sanma (mackarel), dan ikan saba.

Dua yang disebut terakhir diimpor langsung dari Jepang. Jika ingin mencoba zensai, yoshi goma tofumerupakan cold zensaifavorit di sini, sedangkan chawan mushimenjadi menu pembuka yang hangat. Sementara untuk penutup, chilled steamed arrowroot noodlesdengan black gum syrupsering dipesan.

Dessertini cukup unik, semangkuk mi putih dihidangkan dengan kacang merah di antaranya. Yoshi menawarkan Saturday All You Can Eatpada jam makan siang dan malam serta Sunday buffetpada jam makan siang.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1617 seconds (0.1#10.140)