Indikasi Kesehatan Tampak pada Kondisi Rambut

Senin, 23 Februari 2015 - 09:36 WIB
Indikasi Kesehatan Tampak pada Kondisi Rambut
Indikasi Kesehatan Tampak pada Kondisi Rambut
A A A
RAMBUT adalah salah satu aksesoris yang paling kuat serta merupakan bagian penting dari penampilan seseorang. Kondisi rambut dapat memengaruhi penampilan seseorang saat melihat diri sendiri, serta cara pandang orang lain terhadap orang lain.

Akan tetapi, yang lebih penting bahwa rambut sebenarnya adalah barometer atau ukuran yang menunjukkan kesehatan seseorang itu baik atau buruk. Gangguan pada tubuh seperti anemia, masalah tiroid, ketidakseimbangan hormon dan masalah yang berkaitan dengan kesehatan umum dapat didiagnosis dengan melihat kondisi seseorang dari rambutnya.

Dengan demikian, masalah rambut tidak dapat diabaikan. Jika, Anda melihat rambut rontok berlebihan, pertumbuhan yang tidak wajar, atau kekeringan yang berlebihan pada rambut dan kulit kepala serta ketombe yang semakin banyak. Segera hubungi para terapis trichologist. Sebab, jika kondisi ini dibiarkan mungkin akan memperburuk kondisi rambut Anda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam kasus-kasus pasien yang menderita masalah pada kelenjar kecil, dengan diameter sekitar 5 cm dan terletak di leher tepat di bawah jakun terkait atau biasa disebut Tiroid. Akan menyebabkan kerontokan rambut, ketika yang bersangkutan menderita demam.

Mengutip Times of India , berikut ini gangguan kesehatan lain yang menyebabkan masalah rambut adalah sebagai berikut:

- Kanker
- Masalah Jantung
- Masalah Tiroid
- Masalah Paratiroid
- Gangguan Addison
- Sindrom Cushing
- Anemia

Kekurangan gizi, dalam kondisi gizi yang kurang menyebabkan gangguan kekurangan protein seperti Kwashiorkor dan Marasmas, yang ditandai dengan rambut kering dan berwarna terang.

Demikian pula, defisiensi zinc menyebabkan rambut kerontok menyebar, rambut berwarna terang dan eksim. Perubahan serupa terlihat pada kasus kekurangan asam lemak.

Infeksi virus, bakteri dan kelemahan umum tubuh juga akan memengaruhi kondisi kesehatan rambut. Diantaranya :

- Ketidakseimbangan hormon
- Gangguan ovarium polikistik
- Masalah autoimun
- Kurap
- Amandel yang terinfeksi atau masalah gigi
- Gagal ginjal
- Sariawan
- Infeksi jamur.

Hampir semua gangguan menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, untuk mengetahui keadaan rambut dan kesehatan Anda, penting untuk melakukan pemeriksaan pada rambut Anda. Sehingga bisa Ini dianalisis keadaan batang rambut akar dan kondisi internal lainnya.

Selain itu, rambut juga mencerminkan kandungan mineral dari jaringan tubuh. Rambut adalah barometer tubuh dan menunjukkan kesehatan yang baik atau kurang baik. Masalah rambut adalah tanda pertama bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, masalah rambut harus ditanggapi dengan serius, karena mereka mencerminkan indikasi kondisi kesehatan seseorang.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5431 seconds (0.1#10.140)