Kampoeng Kidz Tempat Wisata Belajar di Kota Batu

Selasa, 03 Maret 2015 - 08:33 WIB
Kampoeng Kidz Tempat Wisata Belajar di Kota Batu
Kampoeng Kidz Tempat Wisata Belajar di Kota Batu
A A A
BATU - Kampoeng Kidz, tempat istimewa untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata keluarga dan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak Anda. Kampoeng Kidz berada di Desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Tepatnya di Jalan Pandanrejo No. 1, Bumiaji.

Dikutip dari Indonesia Travel, kawasan 10 hektar ini tidak hanya menyuguhkan suasana segar udara Kota Batu, juga kehangatan dan keceriaan dari penghuni dan pengelolanya. Bukan hanya menjadi tempat belajar dan bermain, namun lebih dari itu Anda dapat merasakan suasana kekeluargaan dan wahana pendidikan yang menggugah.

Di Kampoeng Kidz akan Anda temui siswa-siswi dari berbagai daerah di Indonesia dengan beragam suku, agama, dan ras. Mereka tinggal di asrama dan bersekolah tanpa dipungut biaya apapun di SMU Selamat Pagi Indonesia (SPI). Sekolah tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap termasuk lapangan olahraga, asrama, hingga laboratorium lapangan.

Siswa berprestasi di seluruh Indonesia berkumpul dan menimba ilmu di SPI. Mereka merupakan wakil dari berbagai pulau atau daerah di Indonesia. Kegiatan belajar di sekolah tersebut terbilang unik, dimana setiap jam pelajaran berganti maka tiap kelas berpindah sesuai dengan jadwalnya. Siswa juga tidak diharuskannya berseragam (bahkan tidak diwajibkannya bersepatu dan cukup dengan sandal, kecuali hari Senin untuk upacara dan hari Kamis untuk menghormati Kota Batu.

Anda akan temui warga sekitar yang hidup berdampingan dengan pengelola dan pelajar untuk terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, Kampoeng kids sering disebut juga sebagai “Kampoeng Entrepreneur”. Pembekalan lain yang ditanamkan untuk siswa di SPI adalah life skill (kecakapan hidup) dan financial planning for kid (penataan keuangan).

Kampoeng Kids dibangun tahun 2007 atas prakarsa seorang pengusaha dari Surabaya, yaitu Julianto Eka Putra. Ia membangun tempat tersebut dilatarbelakangi kondisi diskriminasi yang masih terjadi di Indonesia yang mengatasnamakan perbedaan SARA, marjinal society seperti beberapa kasus di Ambon, Aceh, Papua, dan daerah yang sempat mengalami konflik.

Saat ini, Kampoeng Kids sudah menjadi tujuan wisatawan reguler maupun rombongan yang tidak hanya datang dari kalangan perusahaan melainkan sekolah maupun lembaga. Banyak pengunjung selain menikmati keindahan alam juga berhasrat mengikuti paket kegiatan yang tersedia di sana.

Tersedia beragam fasilitas yang dapat dinikmati yaitu: expereintal learning activity, camping ground, dan sport activity. Di tempat ini juga sering dipentaskan opera dan tarian oleh pelajar SMU Selamat Pagi Indonesia.

Di Kampoeng Kidz, Anda dan keluarga selain dapat menikmati alam yang sejuk juga dapat melakukan beraneka pilihan aktivitas. Beberapa kegiatan menarik tersebut diantararanya adalah: belajar bertani dan berternak, menambang emas, menanam dan memanen hasil kebun, merakit otomotif, hingga mencoba menjadi pengusaha restoran.

Di wahana Kitchen Garden biasa digunakan untuk belajar menjadi pengusaha pertanian dengan kegiatan praktek bercocok tanam langsung di lahan pertanian termasuk membajak sawah secara tradisional dengan kerbau. Pengunjung dapat belajar memanen sayur-sayuran seperti jagung, brokoli, terong, tomat, wortel, cabai, selada air, kangkung, sawi, dan lainnya.

Di wahana Animal Farm menjadi tempat belajar menjadi pengusaha peternakan dengan mengenal hewan ternak, seperti merpati, kelinci, ayam, menthok, kambing, dan lainnya. Ada juga Wahana Fishery Zone untuk belajar memahami budidaya ikan sambil memancing.

Di Art Gallery, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seni kreatif seperti origami, gypsum frame painting, kite painting, melukis, mewarnai, rubber art, dan lainnya. Ada pula Pertambangan Zone untuk kegiatan menambang, mencari, dan mengumpulkan emas.

Hasil pembelajaran di wahana-wahana tersebut nantinya dapat dibawa pulang berupa hasil panen, ikan tangkapan, art and craft, snacks, dan lainnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5471 seconds (0.1#10.140)