5 Festival di Indonesia yang Paling Ditunggu

loading...
5 Festival di Indonesia yang Paling Ditunggu
5 Festival di Indonesia yang Paling Ditunggu
INDONESIA - Ada beberapa festival lokal Indonesia bertaraf internasional yang selalu ditunggu kehadirannya.
Sebagai sebuah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih kurang 500 kabupaten, kota dan budaya, serta bahasa daerah yang sangat beragam, Indonesia memiliki banyak festival bertaraf internasional yang sangat unik dan menarik.

Berikut lima festival Indonesia yang ditunggu-tunggu dikutip dari Skyscanner.

1. Jember Fashion Carnaval
Sejak perhelatan event “Jember Fashion Carnaval” (JFC) pertama kali, yaitu pada tanggal 1 Januari 2003, event ini langsung menarik perhatian penggiat fashion. Hal ini pula yang mendorong penyelenggaraan JFC 2 di tahun yang sama. Keunikan event ini terletak pada konsep acara yang menggunakan jalan raya sebagai catwalk dan tema-tema unik yang selalu berbeda di setiap penyelenggaraannya.

Keberhasilan para peserta karnaval dalam menarik perhatian dunia internasional membuat mereka diundang ke berbagai negara untuk memamerkan karya mereka. Di tahun 2015 ini, JFC akan berlangsung pada tanggal 26-30 Agustus 2015.



2. Dieng Culture Festival
Keramahan masyarakat dan kemeriahan acara “Dieng Culture Festival” (DCF) akan menghangatkan Anda dari dinginnya udara di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. DCF telah ada sejak tahun 2010 dan selalu berhasil menyedot perhatian puluhan ribu orang, termasuk wisatawan asing.

Festival ini selalu menyuguhkan sebuah perpaduan yang menarik antara seni tradisi dan kekayaan indie, serta kontemporer. Tidak hanya itu, DCF juga menggabungkan budaya dengan wahana wisata alam dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Dieng. DCF biasanya berlangsung pada bulan Juli atau Agustus.

3. Solo Batik Carnival
Sebagai salah satu “UNESCO World Intangible Heritage” maka popularitas batik sudah tak bisa dipungkiri lagi. Setiap event yang berkaitan dengan batik pun hampir tak pernah sepi peminat, termasuk event “Solo Batik Carnival” (SBC) yang sudah berlangsung sejak tahun 2008. Pada tahun 2015 ini, SBC akan digelar pada tanggal 12-14 Juni 2015 di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga ke depan Balai Kota Solo. Hal ini terinspirasi dari event JFC yang menggunakan jalan raya sebagai catwalk.



Setiap tahunnya, SBC selalu mempunyai tema unik yang akan peserta karnaval wujudkan ke dalam rancangan kostumnya. Meski mirip dan terinspirasi dari JFC, namun yang membuat event SBC sangat berbeda adalah penggunaan batik sebagai bahan dasar kostum. Tak heran jika saat mengikuti Chingay Festival di Singapura, delegasi Solo Batik Carnival mendapat apresiasi meriah dari penonton.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top