Ajak Masyarakat Buat Proyek Sosial

Minggu, 05 April 2015 - 11:37 WIB
Ajak Masyarakat Buat...
Ajak Masyarakat Buat Proyek Sosial
A A A
BANYAK kegiatan sosial atau ide kreatif yang dibuat masyarakat, tapi terkendala dana yang dimiliki. Kita Bisa pun menjadi jembatan bagi pemilik ide untuk mempertemukan dengan orang-orang yang bersedia memberikan pendanaan.

Komunitas yang berdiri sejak 2013 ini dimentori oleh Rhenald Khasali dan dibina intensif oleh Rumah Perubahan. Tujuannya, memberdayakan jutaan inisiatif dan potensi Indonesia dengan semangat gotongroyong digital. Kitabisa.com merupakan situs penggalangan dana (crowdfunding) untuk karya dan inisiatif lokal anak bangsa. Menurut pendiri Kitabisa.com Alfatih Timur, crowdfunding berasal dari kata crowd (orang banyak) dan funding (pendanaan).

Bahasa Indonesianya, patungan, saweran, udunan, tapi kali ini secara daring (online). Banyaknya ide dan inisiatif yang berakhir sekadar wacana bisa dibilang menjadi latar belakang berdirinya Kitabisa.

“Salah satu kendala terbesar adalah masalah dana. Kami percaya bahwa kolaborasi adalah kuncinya. Kita Bisa hadir sebagai platform yang mewadahi pemilik ide untuk berkampanye secara online untuk menggalang dana dari masyarakat,” kata Alfatih Kitabisa.com sampai saat ini beranggotakan delapan orang dan sudah ada beragam jenis proyek mulai yang bersifat sosial seperti pembangunan sekolah, rumah baca, hingga perpustakaan. Ada juga acaraacara komunitas seperti pelatihan, seminar, dan tidak ketinggalan karya dan produk inovatif buatan kreator lokal.

Bagaimana cara kerja Kitabisa.com, Alfatih menjelaskan, orang-orang yang memiliki ide atau proyek bisa masuk ke kitabisa.com, lalu klik Buat Proyek. Di sana, pemilik proyek dapat menuliskan deskripsi ide dalam bentuk tulisan dan media lain seperti gambar atau video. Pemilik proyek juga diminta untuk menuliskan imbalan yang diberikan untuk pendukung, anggaran yang dibutuhkan, dan tujuan penggunaan dana. Setelah pengisian, proyek akan dikurasi, dan bila lolos bisa live di situs.

Pemilik proyek dapat menyebarkan tautan halaman proyek untuk meminta dukungan dana dari masyarakat. “Kami menjaga transparansi pendanaan, jadi pendukung dapat melihat seluruh aliran dana yang masuk, kejelasan proyek, dan profil pemilik proyek, termasuk update selama proyek tersebut berlangsung. Saat dana berhasil terkumpul dan masa kampanye berakhir, kami akan transfer dana tersebut kepada pemilik proyek. Bisa dibilang kami jembatan antara supporter dan project owner,” ujarnya.

Siapa pun bisa menjadi user Kita Bisa, baik sebagai pemilik proyek maupun sebagai pendukung. Jika ingin mengampanyekan proyek kita bisa masuk ke halaman proyek yang ada di Kita Bisa dapat digunakan oleh pemilik proyek sebagai landing page dari seluruh kegiatan penggalangan dana yang dilakukan. Tautan tersebut dapat disebarkan melalui media sosial atau digunakan dalam setiap pendekatan personal ke potensial donor. Kita Bisa juga ikut memberikan dukungan khusus, bergantung pada usaha yang telah dilakukan terlebih dahulu oleh pemilik proyek.

“Cara untuk gabung di Kitabisa sangat mudah, dengan daftar sebagai user, dan dukung beragam inisiatif membanggakan untuk membuat Indonesia yang lebih baik. Untuk kamu yang memiliki ide/proyek/produk dan sedang mencari pendanaan, Kita Bisa bisa menjadi alternatif untuk menggalang dana secara online,” tutup Alfatih.

Iman firmansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)