Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes

Selasa, 05 Mei 2015 - 13:22 WIB
Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes
Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes
A A A
JAKARTA - Diabetesi atau penderita diabetes tidak dilarang untuk berpuasa. Namun, bagi diabetesi, berpuasa akan menjadi tantangan. Pasalnya, diabetesi harus dapat mengatur waktu makan dan menyesuaikan pengobatan.

Namun, bagi penderita diabetes yang tidak terkontrol, dokter tidak menyarankan untuk berpuasa. Berikut tips berpuasa bagi diabetesi menurut pengurus Persadia Muda (Young Diabetic), dr Mohammad Firas.

1. Makan di dekat waktu sahur
“Perlambat makan sahur baik untuk mempercepat waktu puasa. Lalu perbanyak makan serat agar tahan lapar. Dan jangan minum yang manis-manis, karena setelah dua jam gula darah dapat naik dan membuat lemas,” papar dr Firas.

2. Rutin cek gula darah

Diabetesi sangat dianjurkan untuk rutin mengecek gula darah secara teratur. Adapun waktu yang tepat untuk mengecek gula darah adalah sebelum sahur, setelah berbuka dan di tengah hari. Hal ini bertujuan untuk memastikan gula darah secara terkontrol.

3. Sesuaikan obat
Diabetesi dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter, minimal dua sampai tiga minggu sebelum menjalankan puasa. Pasalnya, diabetesi perlu melakukan penyesuaian mengubah obat malam untuk siang dan obat siang untuk obat malam.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5472 seconds (0.1#10.140)