Menengok Bangunan Berkesan di Ajang World Fair

Jum'at, 08 Mei 2015 - 08:50 WIB
Menengok Bangunan Berkesan di Ajang World Fair
Menengok Bangunan Berkesan di Ajang World Fair
A A A
Bulan ini para pelancong atau wisatawan dari seluruh dunia akan berkumpul di Milan, Italia, untuk ajang pameran terbesar di dunia dengan tema makanan bagi dunia.

Pameran Dunia (World Fair ) atau Expo 2015 ini menjanjikan akan memberi ruang untuk 145 negara dengan perkiraan jumlah wisatawan mencapai 20 juta di 60 paviliun yang telah disiapkan. Jumlah ini menjadi rekor tersendiri karena melebihi jumlah di acara serupa di Shanghai pada 2010 lalu.

Salah satu paviliun yang terpilih di Expo kali ini adalah tempat makan berkabut Palazzo Italia. Expo ini juga mengajak kita kembali melihat pesona sejumlah bangunan arsitektur yang pernah menjadi saksi pameran yang digelar selama enam bulan tersebut. Dikutip dari www.cnn.com , ada sepuluh bangunan yang menjadi tempat perhelatan World Fair .

1. Eiffel Tower (Paris)

Gustave Eiffel langsung menarik perhatian mata banyak orang ketika dia mengumumkan akan membangun menara tertinggi di dunia untuk acara Pameran Dunia pada 1889 silam. Setelah lebih dari 20 tahun, bangunan ini tidak hanya menjadi bangunan yang paling sering dikunjungi para pelancong dari seluruh dunia (dilihat dari penjualan tiket), juga menjadi bangunan yang sangat bernilai fantastis, yakni mencapai 435 miliar euro (Rp6.314 triliun), berdasarkan laporan pada 2012 lalu. Tak ayal, bangunan ini menjadi roda penggerak ekonomi paling penting dalam perekonomian Prancis dan salah satu tempat yang paling dicintai di Eropa.

2. The Ferris Wheel (Chicago)

Ketika George Washington Gale Ferris Jr meluncurkan bangunan setinggi 80 meter untuk Pameran Dunia di Chicago pada 1893 silam, bangunan ini menjadi bangunan baja terbesar yang pernah dibuat. Alasannya, karena bangunan ini bisa memuat 2.160 orang, dengan biaya 50 sen untuk naik ke bangunan. Bangunan ini juga menjadi terkenal karena menyelamatkan krisis keuangan yang sempat mendera Pameran Dunia.

3. Paviliun China (Shanghai)

China Pavilion (Shanghai) sempat mencatat sejarah di Expo 2010 lalu. Tempat ini menjadi layar terbesar dalam sejarah Pameran Dunia dengan menarik sebanyak 17 juta pengunjung. Bangunan senilai USD220 juta (Rp2,87 triliun) ini dirancang kakek berusia 70 tahun, He Jingtang. Memiliki bentuk mirip mahkota China kuno dan terinspirasi dari kapal China yang biasa digunakan para kaisar untuk membuat persembahan yang ditujukan ke para dewa.

4. The Space Needle (Seattle)

Pada tahun 1962 Pameran Dunia ingin membangun sesuatu yang berbeda pada zaman itu. Hasilnya adalah bangunan perpaduan antara desainer Edward Carlson dan John Graham Jr, yakni menara menjulang tinggi, lebih tinggi ketimbang bangunan lainnya di Sungai Mississippi.

Susi susanti
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7656 seconds (0.1#10.140)