Ini 4 Prinsip Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Jum'at, 24 Februari 2023 - 20:46 WIB

2. Melakukan Aktivitas Fisik



Penerapan kebijakan PPKM yang mengharuskan untuk berdiam di rumah membuat masyarakat cenderung lebih sedikit bergerak dan tidak bergairah untuk berolahraga.

"Dengan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap harinya atau minimal 3-5 hari dalam seminggu, dapat membantu untuk mengurangi stres, menjaga kesehatan otot, mengurangi risiko terserang penyakit, hingga menjaga berat badan agar tetap ideal," ujar Endang S Sunaryo.

3. Mengonsumsi Beragam Makanan dan Minum Air Putih



Tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang diperlukan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Maka perlu mengombinasikan aneka makanan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dan mencukupi seluruh zat gizi yang diperlukan.

Misalnya, ikan laut merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein, peptide, asam amino glutamat. Kaldu dan pekatan ikan kaya akan kandungan glutamat yang berperan sebagai sumber glutamin yang diperlukan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi air putih minimal 2 liter/hari dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga vitalitas tubuh.

Endang S Sunaryo pun menyebutkan jika monosodium glutamat atau MSG sering dipersepsikan tidak sehat oleh sebagian masyarakat. Padahal, MSG ini berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh. "Sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari rangkaian sel seperti leukosit, makrofag, neutrofil, dan lainnya, membutuhkan glutamat sebagai pendukung koordinasi kinerja sel," terangnya.



4. Memantau dan Mempertahankan Berat Badan Ideal

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More