Menyicip Makanan Khas Likupang yang Menggoyangkan Lidah

Kamis, 09 Maret 2023 - 11:28 WIB
Mister Aladin menawarkan paket liburan hemat ke berbagai wilayah di Indonesia. Foto/MNC Media
JAKARTA - Indonesia punya berjuta hal penuh kejutan yang seru untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah destinasi pariwisata super prioritas yang berada di Likupang , Sulawesi Utara ini. Selain wisata alamnya yang mempesona, ternyata tempat ini juga cocok bagi penggemar wisata kuliner.

Jika berkunjung ke sana, ada beragam makanan khas yang siap menggoyang lidah Anda. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang menjadi primadona Likupang. Mau tahu apa aja? Berikut di antaranya.

1. Pisang Goroho dan Sambal Roa

Keunikkan dari pisang goroho ini adalah bentuknya yang panjang dan cenderung ramping, biasa diolah ketika masih mengkal. Pisang ini dimasak dengan cara diiris tipis lalu digoreng. Teksturnya mirip dengan keripik pisang tetapi dimakan dengan sambal. Jangan bilang ini aneh, sebelum Anda coba sendiri kelezatan makanan satu ini. Sebagai pendampingnya, pisang goroho dimakan dengan sambal roa, masyarakat setempat biasanya menikmatinya dengan secangkir kopi atau teh.





2. Panada

Kebanyakkan orang berpikir bahwa sekilas panada sama dengan pastel. Namun, keduanya merupakan jenis cemilan yang berbeda. Panada sendiri merupakan sejenis roti berisi ikan cakalang suwir yang kemudian digoreng. Ikan tersebut telah dibumbui bumbu pedas gurih, sangat enak bila dimakan hangat-hangat.

3. Lalampa

Salah satu jenis kue tradisional khas Likupang ini hampir mirip dengan lemper. Tapi, lalampa berbahan dasar nasi berisi ikan cakalang suwir. Bahan lainnya adalah beras pulo atau beras ketan yang membuat tekstur lalampa lembut dan pulen. Selain dikukus, cemilan ini juga harus dibakar. Sebelum dibakar, harus diolesi dengan minyak sayur sehingga aromanya dan rasanya akan lebih kuat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More