4 Makanan Khas Lebaran yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Kamis, 13 April 2023 - 14:02 WIB
Meski rasanya nikmat, opor ayam juga termasuk makanan yang tinggi kolesterol. Hal ini lantaran opor ayam yang berbahan dasar santan yang tinggi lemak.

Dilansir Medical News Today, santan mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Dalam jumlah sedang, santan dapat memiliki manfaat kesehatan, tetapi mengonsumsinya terlalu banyak dapat menimbulkan beberapa efek yang tidak diinginkan.

2. Rendang



Selanjutnya ada rendang. Ini juga termasuk kuliner khas lebaran yang selalu ada di meja makan. Sama seperti opor, rendang juga terbuat dari santan yang tinggi lemak dan kolesterol. Selain itu, daging sapi juga menyumbang lemak dan kolesterol, sehingga tak baik bila dikonsumsi terlalu banyak.

3. Kue Kering

(Foto: istimewa)

Makanan khas lebaran yang mengandung kolesterol tinggi lainnya adalah kue kering. Tak afdol rasanya merayakan Hari Idul Fitri tanpa mencicipi kue kering seperti nastar, putri salju hingga kastengel.

Namun, kue kering juga tak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Beragam kue kering ini mengandung susu, telur dan keju. Di dalam satu potong kue kering terdapat 75 kalori sehingga tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan.

4. Sambal Goreng Kentang

(Foto: selerasa)

Satu lagi ada sambal goreng kentang. Dari namanya saja, sajian ini sudah menggiurkan dan jadi makanan favorit khas lebaran.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More