4 Fakta Lagu Viva La Vida dari Coldplay, Sejarah hingga Maknanya

Rabu, 24 Mei 2023 - 17:54 WIB
Mengutip laman Music Grotto, Viva La Vida pernah meraih penghargaan. Salah satunya adalah memenangkan Grammy Award tahun 2009 kategori Song of the Year.

Selain itu, album Viva La Vida or Death and All His Friends juga memenangkan penghargaan. Bedanya, album tersebut menang dalam Best Rock Album Grammy Awards 2009.



3. Arti Judulnya

Sebagian penggemar mungkin telah hafal lirik lagu Viva La Vida, namun belum tentu mereka mengerti arti dari judul tersebut. Mengutip American Songwriter, Viva La Vida dalam bahasa Spanyol berarti ‘Hidup Panjang’.

Pada penggunaannya, istilah Viva La Vida ini biasanya digunakan untuk memberi hormat kepada bangsawan. Selain itu, dapat diartikan juga sebagai ungkapan ‘panjang umur raja/ratu’.

4. Makna Lagu

Di samping popularitasnya, makna dari lagu Viva La Vida ini juga kerap dipertanyakan. Dalam hal ini, terdapat cukup banyak versi terkait arti lirik lagu atau makna yang disampaikan dalam lagu tersebut.

Dari sekian banyak, salah satu yang paling populer adalah terkait penggambaran revolusi Prancis. Mengutip laman Medium, Viva La Vida adalah interpretasi pidato terakhir raja Louis sebelum kematiannya.

Lagu tersebut mengambil sudut pandang Raja Louis ketika meminta maaf kepada rakyatnya serta menerima takdirnya. Versi ini diperkuat dengan pendapat bassis Guy Berryman yang pernah menyebut lagu ini terkait seorang raja yang kehilangan kerajaannya.

Itulah sejumlah fakta lagu Viva La Vida dari Coldplay.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More