10 Manfaat Jika Anak Punya Hewan Peliharaan, Nomor 6 Turunkan Risiko Terkena Asma

Senin, 19 Juni 2023 - 06:44 WIB
Menurut penelitian Andrea Beetz dari University of Rostock Jerman, hewan peliharaan dapat memberikan manfaat untuk perkembangan anak berkebutuhan khusus, terutama dalam hal interaksi sosial.

6.Menurunkan risiko terkena asma



Foto/helodoc

Banyak yang tidak ingin punya hewan peliharaan untuk anak karena menganggap bahwa ia dapat menyebabkan asma. Padahal sebuah yang diterbitkan oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology menyatakan hal yang sebaliknya.

Penelitian yang dilakukan terhadap 442 anak umur 7 tahun tersebut menyatakan bahwa anak yang di saat bayi sering berinteraksi dengan hewan peliharaan di dalam ruangan dapat lebih kebal terhadap berbagai alergen dan infeksi bakteri penyebab asma.

7.Mengatasi stres



Foto/alodokter

Manfaat punya hewan peliharaan tidak hanya baik untuk anak yang tak kalah penting adalah mengatasi stres. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Frontiers in Psychology, bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini berperan dalam memberikan rasa nyaman dan bahagia pada manusia.





8.Memberikan mendorong kepercayaan diri anak




Foto/klikdokter

Melansir Veterinary & Animal Sciences, manfaat punya hewan peliharaan di rumah dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Apalagi jika hewan yang dipelihara terawat dan sehat akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuknya.

9. Anak tidak kesepian



Foto/halodoc

Jika Anda hanya memiliki satu anak, maka kehadiran hewan peliharaan di rumah dapat membawa kesenangan tersendiri untuknya.

Ia memiliki teman untuk bermain sehari-hari di rumah. Ini akan membantunya agar tidak kesepian meskipun tanpa kehadiran saudara.

10. Memperkuat ikatan keluarga



Foto/ist

Manfaat punya hewan peliharaan sebenarnya bukan hanya untuk anak tetapi juga untuk anggota keluarga secara keseluruhan. Ini karena hewan tersebut menjadi pemersatu keluarga.

Anda dapat melakukan kegiatan bersama keluarga untuk merawat peliharaan tersebut seperti bermain, jalan-jalan sore, atau memandikan dan memberi makan secara bersama-sama. Semua aktivitas menyenangkan itu dapat mempererat ikatan keluarga.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More