Tidur Miring ke Kanan Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik

Sabtu, 01 Juli 2023 - 20:00 WIB
Posisi tidur yang berbeda dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Tidur miring ke kanan bisa menyebabkan masalah kesehatan pencernaan, khususnya asam lambung naik. Foto/Getty Images
JAKARTA - Posisi tidur yang berbeda dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Ali Ramadan selaku ahli kesehatan mengatakan bahwa tidur miring ke kanan bisa menyebabkan masalah kesehatan pencernaan, khususnya asam lambung naik .

Dilansir dari Express, Sabtu (1/7/2023) jika Anda sering mengalami asam lambung naik , dan masalah pencernaan lainnya, mungkin ini saatnya Anda mengubah posisi tidur saat malam hari.

“Penelitian menunjukkan bahwa lebih baik bagi kesehatan pencernaan untuk tidur miring ke kiri. Saat kita tidur miring ke kiri, perut dan cairan lambungnya tetap lebih rendah dari kerongkongan sehingga mengurangi mulas dan gangguan pencernaan,” kata Ali.



Hal senada diungkapkan oleh ahli tidur dan CEO Mattressnextday Matin Seelay. Menurutnya, tidur miring ke kanan dapat meningkatkan risiko asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.



Ini bisa menjadi berita buruk bagi penderita GERD atau asam lambung. Untungnya, tidur miring ke kiri jauh lebih baik untuk orang dengan kondisi tersebut, yang mana terbukti bisa meningkatkan pencernaan.

“Tidur miring ke kiri dapat meningkatkan pencernaan yang lebih baik,” jelas Seelay.

“Ini memungkinkan gravitasi memfasilitasi pergerakan makanan dari lambung ke usus kecil, yang dapat membantu pencernaan yang baik dan mengurangi kemungkinan asam lambung naik,” tambahnya.

Tidur miring ke kiri, juga dipercaya bisa membantu menjaga perut lebih rendah dari kerongkongan. Sehingga mengurangi kemungkinan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

(dra)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More