14 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi secara Alami, Baik Rutin Dikonsumsi

Minggu, 02 Juli 2023 - 17:28 WIB
Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia. Dengan mengadopsi pola hidup sehat dan memilih makanan yang tepat, dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Foto/Getty Images
JAKARTA - Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia. Tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain.

Dengan mengadopsi pola hidup sehat dan memilih makanan yang tepat, dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Nah, beberapa makanan di bawah ini bisa menurunkan kolesterol secara alami.

Berikut sederet makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dikutip dari laman Health Harvard, Minggu (2/7/2023).



1. Oat

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbahan dasar oat dingin untuk sarapan pagi. Oats akan memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut.



2. Biji-Bijian Utuh

Seperti oat, biji-bijian utuh juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya.

3. Terong dan Okra

Dua jenis sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik. Namun, okra tentu sangat asing bagi orang-orang Indonesia, dan tak banyak dijumpai di sini.

4. Kacang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lain baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More