Apakah Sering Ngantuk Tanda Penyakit Diabetes? Ini Faktanya!

Minggu, 16 Juli 2023 - 06:30 WIB
2. Adanya riwayat diabetes keluarga.

3. Disertai gejala seperti mudah lapar, cepat haus, dan sering buang air.

Selain itu, gejala yang disertai adalah cepat lelah, kaki dan tangan cepat kesemutan atau kebas, luka sulit sembuh, penglihatan kabur, gatal di kulit.

Apabila Anda sering mengantuk mungkin disebabkan oleh sejumlah hal berikut ini.

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori

Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dapat menyebabkan saluran pencernaan Anda membutuhkan lebih banyak tenaga untuk bekerja mencerna makanan. Alhasil, oksigen yang harusnya menuju otak dipakai terlebih dahulu oleh saluran pencernaan. Akibatnya, pasokan oksigen ke otak pun otomatis berkurang.



2. Kurang tidur

Gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk yang terus-menerus. Terlebih lagi waktu tidur untuk orang dewasa adalah sekitar 6-8 jam dalam sehari.

3. Kurang aktivitas fisik

Aktivitas fisik disarankan dilakukan setiap hari atau minimal empat kali dalam seminggu selama 30 menit tiap sesi.

Tentu rasa kantuk yang tidak dapat dikontrol akan menghambat aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa kantuk pada penderita diabetes.

1. Pastikan gula darah Anda terkontrol

Mengontrol gula darah merupakan salah satu target utama untuk menangani diabetes. Kontrol gula darah yang baik akan menyebabkan penurunan berbagai keluhan yang dialami.

2. Beraktivitas secara aktif

Aktivitas fisik aktif dapat menjaga kesehatan fisik dan mengontrol gula darah. Olahraga secara rutin juga dapat membuat tubuh terasa segar dan mengurangi rasa kantuk.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More