Makanan yang Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam Hitungan Jam

Senin, 31 Juli 2023 - 07:02 WIB
Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Wajib Dihindari, Nomor 6 Diminati Banyak Orang

“Tekanan darah tinggi dan kekakuan arteri meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Jadi sangat penting bagi kami untuk menyelidiki cara-cara inovatif untuk mengobati kondisi seperti itu,” kata Profesor Kedokteran Kardiovaskular di Universitas Surrey Christian Heiss.

Selama beberapa hari, 11 peserta sehat mengonsumsi enam kapsul flavanol kakao atau enam kapsul plasebo yang mengandung gula merah. Peserta diberikan monitor tekanan darah lengan atas dan klip jari yang mengukur kecepatan gelombang nadi (PWV) yang mengukur tingkat kekakuan arteri.

Pengukuran tekanan darah dan PWV dilakukan sebelum konsumsi kapsul dan setiap 30 menit setelah konsumsi selama tiga jam pertama, dan kemudian setiap jam selama sembilan jam sisanya. Para peneliti menemukan tekanan darah dan kekakuan arteri peserta turun jika tinggi, dan tidak ada efek ketika tekanan darah rendah di pagi hari.

Secara signifikan, efek juga untuk pertama kalinya diidentifikasi pada delapan jam setelah kakao dikonsumsi. Para peneliti percaya bahwa kedua temuan ini mungkin disebabkan oleh bagaimana bakteri di usus memetabolisme flavanol kakao.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!