Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tanpa Obat, Cukup 5 Langkah

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 16:10 WIB
Tidak ada diet khusus untuk diabetes. Namun, sangat penting untuk menjaga jadwal makan yang teratur, mengurangi makan makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran tidak bertepung, dan biji-bijian, serta merencanakan makanan yang seimbang dan padat nutrisi.

2. Olahraga



Olahraga sangat penting untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, membantu mengendalikan gula darah. Sebelum memulai atau mengubah pola olahraga Anda, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa aktivitas tersebut cocok untuk Anda.

3. Penurunan Berat Badan



Tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan pengaturan gula darah yang lebih baik mengikuti penurunan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, penurunan berat badan sedikit pun dapat menyebabkan karakteristik ini mulai membaik. Namun, manfaatnya bagi kesehatan meningkat seiring dengan penurunan berat badan Anda.

4. Berhenti Merokok



Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan bukan perokok. Selain itu, penderita diabetes yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena komplikasi yang signifikan. Ketika penderita diabetes berhenti merokok, kesehatan umum dan gejala diabetesnya membaik dengan cepat.



5. Periksa Gula Darah Rutin



Meteran glukosa darah, alat rumah tangga ringkas yang mendeteksi jumlah gula dalam setetes darah, sering digunakan untuk pemantauan. Catat kadar gula darah Anda dan konsultasikan ke dokter.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More