5 Tips Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tidak Bau

Kamis, 31 Agustus 2023 - 12:20 WIB
Ada beberapa tips menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tidak bau. Baik dari penjual ikan atau toko, pastikan untuk mendinginkannya sesegera mungkin. Foto/Getty Images
JAKARTA - Ada beberapa tips menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tidak bau. Baik itu dari penjual ikan atau toko, pastikan untuk mendinginkannya sesegera mungkin setelah membeli.

Ikan segar bisa disimpan dan bertahan di kulkas selama satu hingga dua hari. Sementara ikan yang dimasak bisa bertahan di kulkas selama tiga hingga empat hari. Ikan segar harus berbau segar atau seperti air asalnya.

Jika fillet atau ikan utuh berbau amis, asam, atau seperti amonia, itu tandanya harus dibuang. Indikator lain ikan harus dibuang adalah jika ada perubahan warna, penggelapan atau pengeringan di sekitar tepi fillet. Jika Anda membeli ikan utuh, matanya harus jernih dan tidak keruh.

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tidak Bau



Berikut tips menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dilansir dari Webmd, Kamis (31/8/2023).





1. Simpan di Rak Bawah



Saat menyimpan ikan mentah, letakkan di rak paling bawah untuk meminimalkan risiko kontaminasi silang. Selain itu, pastikan kulkas Anda disetel pada suhu yang aman, 40 derajat fahrenheit atau lebih rendah, untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

2. Bungkus dalam Plastik

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More