Penderita Diabetes Boleh Makan Buah 1 Jam sebelum dan sesudah Makan, Mitos atau Fakta?

Selasa, 12 September 2023 - 10:33 WIB
Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul, apakah penderita diabetes makan buah 1-2 jam sebelum atau sesudah makan, benarkah? Foto/ boldsky.
JAKARTA - Banyak mitos dan kesalahpahaman seputar topik ini. Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul, apakah penderita diabetes makan buah 1-2 jam sebelum atau sesudah makan?

Dilansir Boldsky pada Selasa (12/9/2023), tidak ada batasan waktu yang pasti kapan Anda harus makan buah jika Anda menderita diabetes . Kuncinya adalah memantau asupan karbohidrat secara keseluruhan dan menjaga pola makan seimbang.



Mitos lainnya, buah sebaiknya dikonsumsi saja sebagai cemilan. Ini juga sebagai kesalahpahaman. Meski pun benar bahwa buah-buahan bisa menjadi pilihan camilan sehat, buah-buahan juga bisa menjadi bagian dari makanan utama. Yang paling penting adalah jumlah dan jenis buah yang Anda pilih untuk dimakan.

Waktu konsumsi buah dapat berbeda-beda pada setiap orang, bergantung pada faktor-faktor, seperti kadar gula darah, pengobatan, dan tingkat aktivitas.





Berikut beberapa pedoman umum untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat:

Daripada mengonsumsi buah dalam jumlah besar sekaligus, pertimbangkan untuk membagi asupan buah sepanjang hari. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah secara cepat.

Menggabungkan buah-buahan dengan sumber protein dan serat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Misalnya, Anda bisa makan apel kecil dengan segenggam almond.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More