Doyan Makan Pedas? Berikut Jenis Sambal di Indonesia yang Wajib Kamu Cocol!

Senin, 09 Oktober 2023 - 20:20 WIB
Sambal terasi sangat terkenal di Indonesia dengan cita rasa khas sambal pedas serta gurih dan aroma terasi. Terasi sendiri merupakan bumbu khas Indonesia yang berasal dari udang. Sambal terasi terdiri dari racikan cabai, bawang merah dan bawang putih dan tambahan terasi yang menyebabkan sambal Indonesia satu ini sangat nikmat.

3. Sambal Dadak



Sambal dadak berasal dari masyarakat Sunda, rasanya sangat pedas, biasanya disajikan dengan nasi tutug oncom lengkap. Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ini adalah cabai rawit, cabai merah, terasi yang sudah dibakar, bawang merah, tomat, gula jawa, garam dan jeruk limau.

Jeruk limau dalam sambal dadak akan membuat rasanya lebih segar. Semua bahan tersebut dijadikan satu dan diulek tanpa digoreng atau direbus, namun semua bahan sambal ini tidak diulek sampai halus.

4. Sambal Ganja



Berbeda dengan namanya, sambal ini tidak benar-benar menggunakan ganja kok. Sambal khas Aceh ini terbuat dari cabai, udang, serai, bawang merah, daun jeruk, dan belimbing wuluh. Rasanya pedas masam penuh kesegaran.

5. Sambal Krecek



Sambal yang datang dari Jogja ini merupakan teman makan gudeg. Terbuat dari kulit sapi atau krecek yang dimasak bersama dengan santan, cabai, serai, salam, dan lengkuas. Sambal krecek ini teksturnya lembut dan cocok untuk disantap dengan nasi hangat.



6. Sambal Roa

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More