10 Film Palestina Terbaik, Nomor 5 Sempat Dikecam Israel

Senin, 09 Oktober 2023 - 23:22 WIB
Foto/Imdb

Kisah dalam film ini menyajikan tentang persahabatan kedua warga Palestina yaitu bernama Said dan Khaled yang menetap di Nablus, Tepi Barat. Mereka mempunyai kehidupan yang berlika-liku sebagai montir mobil di sebuah bengkel yang kecil.

Selama bekerja di tempat tersebut, mereka merasa tidak tercukupi. Sehingga akhirnya mereka menerima tawaran untuk menjadi pelaku bom bunuh diri di Tel Aviv, Israel. Film ini ditulis oleh Hany Abu-Assad, Bero Beyer, dan Pierre Hodgson.

Sedangkan sutradara film ini adalah Hany Abu-Assad. Film ini juga mendapatkan apresisasi berkat kesuksesannya di beberapa festival film kancah internasional.

5. Farha (2021)



Foto/Imdb

Film yang tayang di Netflix ini mengisahkan tentang seorang gadis asal Palestina yang tumbuh dewasa di saat pergolakan kekerasan pada 1948. Pada tahun ini adalah saat di mana Israel mendeklarasikan kemerdekaannya. Menurut Israel, isi dari film Farha memutarbalikkan sejarah dan harus diboikot.

Farha menceritakan perempuan usia 14 tahun yang melarikan diri dari desa terpencil dan pergi merantau ke kota untuk menjadi seorang guru. Namun, dia mengalami kendala karena adanya gejolak dari Arab dan Yahudi di Palestina.

Meskipun mendapat kecaman dari Israel, film ini mendapatkan nominasi resmi Yordanian Academy Awards yang ke-95. Dari tayangan film ini juga membuka perspektif narasi sejarah yang lebih luas lagi untuk khalayak luar seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More