Waspadai Toxic Relationship, Bisa Terjadi pada Hubungan Percintaan hingga Politik

Kamis, 02 November 2023 - 19:09 WIB
Perilaku manipulatif dari pelaku toxic relationship ini merupakan perilaku yang dilakukan oleh seseorang agar mencapai suatu keinginannya, di mana perilaku ini dapat merugikan orang lain.



Biasanya seseorang yang manipulatif akan mengendalikan pikiran dan perilaku seseorang untuk mendapatkan keuntungannya. Hal ini juga kerap terjadi di dinasti perpolitikan untuk menumbangkan lawan.

Orang yang memiliki sifat manipulatif ini akan menyerang bagian mental dan sisi emosional orang lain, dan akan membuat orang lain tersebut merasa bersalah hingga akan meragukan dirinya.

Manipulatif dalam hubungan biasanya ditandai dengan seringnya memutar balikan fakta, tindakan, keinginan dan mengungkit kesalahan yang telah lalu, hal ini dilakukan agar membuat korbannya jadi merasa bersalah.

Dr. Lillian Glass, ahli psikologi dan komunikasi yang berbasis di California mengatakan bahwa toxic relationship secara konsisten tidak menyenangkan dan menguras tenaga orang yang terjebak di dalamnya.

Toxic relationship bisa saja mengikat sehingga korban yang terjebak di dalamnya tidak menyadari bahwa mereka terjebak. Hubungan ini manipulatif, egosentris, penuh kebohongan dan melelahkan.

Dalam toxic relationship pelakunya biasanya dikenal sebagai toxic person. Tipikal toxic person adalah mereka yang membawa energi negatif kepada korbannya baik secara pikiran maupun mental.

Biasanya toxic person menghadapi trauma dan stresnya sendiri untuk itu mereka tidak menampilkan versi terbaiknya dan sering membuat kesal orang lain.

Kata ‘toxic person’ digunakan untuk menggambarkan seseorang yang secara halus atau lahiriah sebagai manipulatif, egois, terlalu membutuhkan, atau suka mengendalikan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More