Coldplay Berasal dari Negara Mana? Jadi Grup Band Paling Sukses di Abad ke-21

Selasa, 14 November 2023 - 19:00 WIB


Viva la Vida juga memenangkan Grammy Award untuk Album Rock Terbaik dan nominasi Album Terbaik Tahun Ini yang pertama bagi band, sementara judul lagunya menjadi single pertama grup Inggris yang menduduki puncak tangga lagu di Inggris dan Amerika Serikat pada abad ke-21 .

Sejak itu, Coldplay semakin mendiversifikasi musik mereka dengan rilisan berikutnya Mylo Xyloto (2011), Ghost Stories (2014), A Head Full of Dreams (2015), Everyday Life (2019) dan Music of the Spheres (2021).

Setiap album menghadirkan tema unik dan menambahkan gaya musik baru ke repertoar asli band, termasuk electronica, ambient, pop, R&B, funk, klasik, jazz fusion, dan rock progresif. Mereka juga dikenal dengan penampilan live yang "euforia", dengan kritik yang menyatakan bahwa band ini adalah saat yang "paling masuk akal".

Untuk merayakan hari jadi ke-20 pada 2018, sebuah film dokumenter sepanjang karier yang disutradarai oleh Mat Whitecross ditayangkan perdana di bioskop-bioskop tertentu, menampilkan cuplikan di balik layar yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Dengan 100 juta album terjual di seluruh dunia, Coldplay adalah band paling sukses di abad ke-21 dan salah satu artis musik terlaris sepanjang masa.

Menurut Fuse, mereka juga merupakan grup dengan penghargaan terbanyak keenam dalam sejarah. Prestasi penting lainnya termasuk tur dengan pendapatan kotor tertinggi keenam sepanjang masa, tiga dari 50 album dengan penjualan tertinggi yang pernah ada di Inggris, rekor nomor satu terbanyak di negara tersebut tanpa pernah kehilangan posisi teratas, nominasi dan kemenangan terbanyak untuk band dalam sejarah Brit Awards dan menjadi grup Inggris pertama yang debut di nomor satu di Billboard Hot 100.



Coldplay juga dianggap sebagai salah satu band paling berpengaruh di abad ke-21, di mana Forbes menggambarkan Coldplay sebagai standar saat ini dan Rock and Roll Hall of Fame memasukkan A Rush of Blood to the Head dalam daftar "200 Definitive Albums" dan single "Yellow" adalah bagian dari pameran "Songs That Shaped Rock and Roll" mereka karena menjadi salah satu yang paling sukses dan rekaman penting dalam industri.

Terlepas dari popularitas dan pengaruhnya, Coldplay telah mendapatkan reputasi sebagai ikon musik yang mempolarisasi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More